Olahraga & Kesehatan

Kemenkes: Tingkat Keterisian Tempat Tidur RS Rendah, Tapi Prokes Tetap Diperkuat


Ilustrasi keterisian tempat tidur di rumah sakit. (Sumber: Kemenkes RI)

BeritaMujizat.com – Kesehatan – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI lewat laman facebook resmi Kementerian Kesehatan RI baru-baru ini mengabarkan,  tingkat keterisian tempat tidur RS masih rendah ditengah kenaikan kasus konfirmasi positif Covid-19. Ini tentunya menjadi kabar baik yang mestinya disyukuri dan tetap dijaga.

Secara nasional, hingga 6 Februari 2022, total pasien yang dirawat baru 18.966 atau 23,35% dari 81.235 total tempat tidur yang tersedia untuk penanganan Covid-19.

Kemenkes mencatat, mayoritas pasien Covid-19 yang dirawat di RS rata-rata bergejala ringan dan tanpa gejala, sehingga tidak membutuhkan penanganan medis secara khusus.

Proses perawatan pasien juga cenderung lebih cepat, karenanya jumlah tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19 masih terus terkendali hingga saat ini.

Tren keterisian tempat tidur yang rendah ini diharapkan terus terjaga. Pasien konfirmasi positif dengan gejala ringan-tidak bergejala diminta untuk tidak buru-buru ke RS, melainkan melakukan isoman di rumah mengikuti syarat & ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

Baca Juga: Jokowi Sebut Pasien Omicron Dapat Sembuh Tanpa ke RS, Kemenkes: Keparahannya Rendah

Upaya ini untuk menjaga layanan kesehatan tetap berjalan dengan baik serta mengurangi beban keterisian tempat tidur RS, jadi bisa dialokasikan bagian pasien yang membutuhkan.

Untuk mendukung percepatan kesembuhan pasien selama isoman, Kemenkes menyediakan jasa konsultasi dokter dan pengiriman obat gratis yang bisa diakses di 17 platform telemedicine.

Comments

Related Articles

Back to top button