Pesan Mimbar

Pekerjaan Tuhan


BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Kehidupan kita sebagai orang percaya hendaknya hidup untuk melakukan pekerjaan Tuhan. Dalam Kisah Para Rasul 13:41 dikatakan bahwa Tuhan melakukan pekerjaanNya. Dalam Perjanjian lama, tertulis seorang nabi yang bernama Habakuk.

Habakuk adalah nabi yang hadir ketika bangsa Israel mau jatuh. Dalam Habakuk 1:1-11 sebuah pertanyaan yang dilontarkan oleh Habakuk adalah supaya Tuhan menolong bangsa Israel yang berada dalam masa sukar. Itu adalah pertanyaan yang manusiawi dan normal saja bagi kita, apakah Tuhan mampu menolong kita. Begitu juga dengan kehidupan kita sehari-hari yang tidak kalah berbeda dengan bangsa Israel yang membutuhkan pertolongan Tuhan.

Bangsa Israel berada dalam masa sukar dan bisa hancur. Dan melalui nabiNya Tuhan menyatakan bahwa Dia akan memulihkan bangsa Israel dengan membangkitkan orang Kasdim. Cara Tuhan menolong bangsa Israel sering kali tidak bisa dipikirkan oleh bangsa Israel. Dengan caraNya, Tuhan sanggup menolong bangsa Israel. Begitu juga Dia sanggup menolong hidup kita.

Tuhan menolong hidup kita pun, tidak seperti yang kita bayangkan. Sering kali kita menunggu waktu yang baik bagi manusia, tapi kenyataannya Tuhan punya waktuNya sendiri untuk menolong kita. Kiranya hidup kita terus mengikuti aliranNya Tuhan. Tuhan punya caraNya dan kita akan terkejut dan terheran-heran melihat segala perbuatanNya.

Hidup kita perlu terus mengikuti pekerjaan Tuhan dan Dia punya cara selalu menolong kita. Ini pekerjaan Tuhan maka perlu dilakukan dengan cara Tuhan. Kita hidup untuk terus menunggu waktuNya Tuhan. Hidup kita adalah tentang di dalam Tuhan di mana itu berarti bahwa hidup kita di dalam Tuhan. Hidup di dalam Tuhan adalah cara yang terbaik yang perlu kita ambil dalam hidup kita. Ketika hidup kita berada dalam pekerjaan Tuhan dan dalam caraNya Tuhan maka hidup kita akan sejalan dengan apa yang Dia mau.

Pekerjaan Tuhan :

1. Hanya Ada 1 Pekerjaan yaitu Pekerjaan Tuhan. 

Apa yang kita lakukan harus menjadi bagian dalam pekerjaan Tuhan. Dalam 1 Korintus 10:31 dikatakan bahwa segala sesuatu kita lakukan untuk kemuliaan Tuhan. Sedangkan dalam Kolose 3:23 semua pekerjaan kita yang kita lakukan kiranya kita lakukan untuk Tuhan. Semua pekerjaan kita hendaknya berada dalam koridor pekerjaan Tuhan. Pekerjaan Tuhan bukan sekedar berada dalam pelayanan mimbar semata. Tapi semua pekerjaan yang kita lakukan adalah pekerjaan kita dalam membangun Tubuh Kristus. Oleh sebab itu terus kita lakukan pekerjaan-pekerjaan Tuhan.

2. Kenali Pekerjaan Tuhan (Yohanes 9:4) 

Kiranya pekerjaan Kita adalah untuk menyatakan pekerjaan Ilahi. Dimanapun kita berada selalu mengerjakan pekerjaan- pekerjaan Allah. Kita selalu berada dalam misi dari Allah. Kita hidup di bumi selalu mengerjakan misi Tuhan. Pekerjaan kita dipakai Tuhan untuk menyatakan pekerjaan Ilahi. Yang kita lakukan adalah menyatakan pekerjaan Tuhan.

Hidup kita adalah bongkahan emas yang tersimpan dan masih belum selesai setiap proses untuk menjadi perabot Tuhan. Hidup kita siap dibentuk untuk melakukan pekerjaan Tuhan yang besar. Kita belajar mengenali pekerjaan Tuhan. Sehingga hidup kita hanya berasa dan melakukan pekerjaan-pekerjaan Tuhan. Hidup kita mengenali setiap pekerjaan-pekerjaan Tuhan, maka fokus hidup kita hanya untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan Tuhan.

3. Dalam pekerjaan Tuhan maka Kita dalam Penyertaan Tuhan. 

Dalam Yohanes 9:4 kita pastikan bahwa dalam pekerjaan Tuhan maka ada penyertaan Tuhan. Orang yang cinta Tuhan adalah orang yang berharga dalam pekerjaan Tuhan. Pastikan kita berada dalam tempatnya Tuhan maka Dia akan menolong dan memberkati kita. Apa yang kita kerjakan akan dipakai Tuhan. Tuhan layak menerima yang terbaik. Begitu juga kita bekerja yang terbaik bagi Tuhan. God deserves no less than the best. Kita bekerja dan menjadi yang terbaik atas pekerjaan kita. Akan ada penyertaan Tuhan atas hidup kita maka hidup kita akan ada berkat Tuhan. Kiranya hidup kita berasa dalam pekerjaan Tuhan. 

4. Selesaikan Pekerjaan Tuhan. 

Dalam Yohanes 4:34 sebuah perintah dan kehendak Tuhan adalah supaya hidup kita mengerjakan pekerjaanNya dan menyelesaikan setiap pekerjaan yang Dia berikan. Ketika kita diberi mandat, tanggung jawab atas setiap pekerjaan kita, maka kita harus menyelesaikan nya. Ketika kita tidak menyelesaikannya maka kita akan tidak mendapat berkat. Oleh sebab itu, kita harus menyelesaikan setiap pekerjaan Tuhan yang dipercayakan bagi kita.

Firman Tuhan ini disampaikan di ibadah Minggu Sore pada hari Minggu, 23 Januari 2022 di Bethany El-Bethel Church Solo Baru oleh Pdt. Yusuf Hanny Setiawan, Setiawan, S.E, M. B. A

Comments

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button