Olahraga & Kesehatan

Covid-19 Kembali Melonjak, Jokowi Imbau Masyarakat Tetap Tenang dan Jaga Prokes


Data Perkembangan Covid 19 di Indonesia, Rabu (3/2/2022). (Sumber: Kementerian Kesehatan).

BeritaMujizat.com – Kesehatan – Pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, telah merilis data sebaran kasus Covid-19 di Indonesia pada Kamis (3/2/2022) dengan peningkatan yang signifikan.

Total kasus baru positif Covid-19 di Indonesia bertambah 27.197 kasus. Penambahan ini lebih tinggi daripada Rabu (2/2/2022), dengan 17.895 kasus.

Sementara untuk total kasus Covid-19, kini berjumlah 4.414.483.

Berdasarkan sebaran kasus, DKI Jakarta menjadi yang terbanyak dengan 10.117 kasus. Sama dengan DKI Jakarta, kasus harian di Jawa Barat mengalami kenaikan dibanding kemarin yaitu 3.739 kasus.

Lalu di peringkat ketiga adalah Provinsi Banten dengan 4.312 kasus.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (3/2/2022) mengatakan, meski kasus harian Covid-19 mengalami lonjakan, keterisian rumah sakit (RS) di Indonesia masih terkendali.  Sehingga masyarakat diminta untuk tetap tenang menghadapi kondisi yang ada.

Presiden Joko Widodo dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (3/2/2022). (Sumber: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

“Meski varian Omicron memiliki tingkat penularan yang tinggi, tetapi tingkat fatalitasnya lebih rendah dibandingkan varian Delta. Ini bisa terlihat dari kasus Covid-19 di beberapa negara, di mana tingkat keterisian rumah sakit relatif rendah,” jelas Jokowi.

Lanjut Jokowi, kondisi itu termasuk dialami Indonesia, meski kasusnya melonjak cukup tinggi, namun keterisian di RS masih terkendali.

Dia mengungkapkan, pemerintah telah memperkirakan dan mengantisipasi lonjakan tersebut dengan sejumlah persiapan yang lebih baik dari tahun lalu.

“Dengan kesiapan-kesiapan kita yang sudah jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun lalu, baik dari segi rumah sakit, obat-obatan dan oksigen, fasilitas isolasi, maupun tenaga kesehatan,” ungkap Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi menuturkan, pasien terdampak varian Omicron juga dapat disembuhkan tanpa harus ke RS. Pasien yang terpapar varian ini cukup melakukan isolasi secara mandiri di rumah, minum obat dan multivitamin, serta segera tes kembali setelah lima hari.

“Saya meminta Bapak, Ibu, dan saudara-saudara tetap tenang. Tetaplah disiplin menjaga protokol kesehatan, kurangi aktivitas yang tidak perlu, dan bagi yang belum divaksin agar segera divaksin,” tutup Jokowi.

Comments

Related Articles

Back to top button