Pendidikan

Wow, Bentar Lagi Papua Akan Punya Kampus Bertaraf Internasional


Ilustrasi Universitas Internasional Papua (UIP). (Sumber: Instagram @ditjen.dikti)

BeritaMujizat.com – Pendidikan – Papua dalam waktu dekat ini akan segera memiliki kampus bertaraf Internasional. Kampus tersebut bernama Universitas Internasional Papua (UIP).

Pemerintah pusat secara resmi telah melakukan serah terima Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) nomor 24/E/O/2022 tentang izin pendirian dan peresmian Universitas Internasional Papua (UIP), Senin (14/2/2022) lalu.

Pembangunan kampus UIP adalah bagian dari upaya percepatan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Papua. Langkah ini juga menjadi bagian dari fokus Presiden dalam realisasi Inpres No.09.2020 tentang Percepatan Pembangunan kesejahteraan di Papua

Dua Fakultas Unggulan di UIP

Mengutip dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Rabu (16/2/2022), UIP akan memiliki dua fakultas unggulan, yakni:

1. Sains dan Teknologi

2. Keguruan dan Ilmu Pendidikan

UIP juga dilengkapi dengan Research Center berskala internasional untuk menunjang pembelajaran mahasiswa.

Datangkan Pengajar dari Papua dan Luar Negeri

Pihak kampus akan mendatangkan pengajar-pengajar dari Papua maupun dari luar negeri dengan latar belakang ilmu yang sesuai dengan kebutuhan UIP sebagai akselerasi kemajuan di Tanah Papua.

Apresiasi Kantor Staf Presiden (KSP)

KSP mengapresiasi pendirian Universitas Internasional Papua yang ditandai dengan penyerahan SK Izin Pendirian Universitas Internasional Papua oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIV (14) Papua dan Papua Barat, Suriel S Mofu kepada Lembaga Penyelenggara Universitas Internasional Papua, Samuel Tabuni di Jayapura.

Selain itu KSP mengapresiasi terbitnya SK tersebut dan melihat UIP dapat berkontribusi menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berstandar internasional di Papua.

Apalagi wilayah Papua memiliki potensi strategis dalam pengembangan kerja sama pendidikan bertaraf internasional karena dekat dengan berbatasan dengan negara lain seperti Papua Nugini, Australia dan Selandia Baru yang memiliki hubungan diplomasi baik dengan negara Pasifik.

Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Abetnego Tarigan menyampaikan, UIP diharapkan menjadi terang dari timur untuk memulai suatu fondasi baru bagi pembangunan Indonesia Timur yang berkualitas.

“Dengan adanya UIP juga bisa meningkatkan berdaya saing dan mampu meningkatkan prestasi serta penyerapan tenaga kerja potensial yang mumpuni di bidangnya,” terang Abetnego.

 

 

Comments

Related Articles

Back to top button