BMNewsPendidikan

Rumah Belajar Pancasila Tak Sekadar Kualitas Pendidikan, Amankan Generasi Bersama Pancasila


BeritaMujizat.com – BMNews – Grand opening Rumah Belajar Pancasila (RBP) di 3 Kabupaten di wilayah Jawa Tengah (Brebes, Cilacap, dan Kebumen) akan digelar siang ini, Jumat, 5 Januari 2024, pukul 14.00 WIB di PKBM Giriwangi, Kabupaten Cilacap.

Ketua RBP Priscilia Dewi C mengatakan, hadirnya RBP ini tak hanya sekadar untuk pemerataan pendidikan atau melaksanakan program yang telah dirancangkan saja.

“Ya memang RBP ini untuk menjangkau banyak anak yang putus sekolah, anak yang perlu pendampingan belajar, atau mungkin anak yang belum bisa baca tulis, tapi ada misi khusus yang menjadi perhatian RBP,” terang Priscilia, Jumat (5/1).

Selain juga untuk memperbaiki kondisi pendidikan yang belum merata dan kualitas anak, Priscilia menerangkan bahwa yang terpenting bagi RBP itu sendiri yakni penerapan nilai-nilai Pancasila bagi generasi.

“Jadi bukan hanya untuk usia anak sekolah saja, RBP hadiri untuk semua kalangan, mengawal penerapan nilai-nilai Pancasila melalui program-program yang sudah disiapkan,” tuturnya.

“Memastikan bahwa masyarakat tetap bergotong royong menjaga dan membumikan Pancasila,” tambahnya.

Nilai-nilai Pancasila kata Priscilia mampu menjaga generasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara hingga masuknya modernisasi yang mengancam kultur keIndonesiaan.

Sebagai informasi, RBP sendiri merupakan upaya gotong royong di bidang pendidikan dengan dasar pancasila yang diinisiasi anak-anak muda Indonesia asal Jateng dan kemudian difasilitasi Yayasan Barong Indonesia Baru.

RBP dengan visi “Mewujudkan masyarakat Indonesia yang berpengetahuan, terdidik, dan berkarakter Pancasila” diposisikan sebagai wujud nyata dari 3 hal strategis yakni 1) Penguatan ideologi Pancasila, 2) Percepatan manusia unggul Indonesia, 3) Partisipasi dalam pengurangan kemiskinan ekstrem melalui pengurangan jumlah ATS dan buta huruf.

RBP memiliki 3 program unggulan yakni Sekolah Digital Pancasila, calistung Pancasila, dan belajar bersama Pancasila tentunya dengan penerapan nilai-nila Pancasilai dan kebangsaan.

Sebelumnya RBP telah diluncurkan di 12 titik di seluruh Indonesia (Nias, Toba, Samosir, Mentawai, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Poso, Toraja, Maluku, NTT, Papua, dan Papua Barat) di penghujung 2023 lalu.

Yayasan Barong Indonesia Baru bersama RBP merilis Center Rumah Belajar Pancasila sebagai tempat sekolah digital bagi anak tidak sekolah dan juga pusat pembelajaran masyarakat. Center ini dibangun sebagai hasil gotong royong dari Barong, Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten, dan juga PKBM.

Grand opening akan dihadiri Biro Administrasi Pembangunan Daerah (Bangda) Jateng, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Provinsi Jateng, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, pengurus PKBM, ATS yang telah terdaftar di RBP, para pengajar dan relawan RBP.

Comments

Related Articles

Back to top button