Pendidikan

Miliki Banyak Bahasa Daerah, Indonesia Peringkat Kedua Dunia


Miliki 718 bahasa daerah, Indonesia duduki peringkat kedua dunia. Sumber: Pusdatin Kemendikbudristek

BeritaMujizat.com – Pendidikan –Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keragaman budaya. Tidak hanya itu, Indonesia juga memiliki keragaman ras, suku bangsa, kepercayaan, agama, hingga bahasa, serta masih banyak perbedaan lainnya.

Sejak dahulu, nenek moyang bangsa Indonesia menetap di daerah yang terpisah sehingga mengembangkan kebudayaannya sendiri-sendiri.

Hal tersebut mengakibatkan perbedaan suku bangsa, bahasa, budaya, juga peranan laki-laki dan perempuan. Suku-suku bangsa itu pun berkomunikasi dengan bahasa ibu yang berbeda-beda.

Bahasa ibu merupakan bahasa yang dipelajari pertama kali oleh seseorang dari kecil secara alamiah dan menjadi dasar sarana komunikasi serta pemahaman terhadap lingkungannya. Dalam lingkup di Indonesia, bahasa ibu diidentikkan dengan bahasa daerah atau bahasa lokal.

Berdasarkan data yang dimuat di Pusdatin Kemendikbudristek, sampai saat ini, Indonesia memiliki 718 bahasa daerah. Hal tersebut membuat Indonesia menjadi negara yang memiliki jumlah bahasa daerah terbanyak kedua di dunia setelah Papua Nugini.

Papua Nugini memiliki bahasa daerah, bahkan lebih banyak dari seluruh wilayah kontinen di Eropa. Data yang terakhir dirilis Ethnologue, setidaknya ada 840 bahasa yang digunakan oleh penduduk setempat.

Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri, karena selain kaya sumber daya alam dan budaya, negara kita juga memiliki kekayaan bahasa.

Comments

Related Articles

Back to top button