Olahraga & Kesehatan

Menkomanrives Luhut: Silakan Jalan Kemana-Mana Asal Sudah Divaksin


Menkomarinves Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers evaluasi PPKM yang disiarkan secara daring di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (14/2/2022).

BeritaMujizat.com – Kesehatan – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarinves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, warga yang sudah divaksin Covid-19 lengkap, sudah mendapatkan booster, dan tidak memiliki penyakit penyerta (komorbid) boleh pergi ke mana saja.

Hal tersebut dikatakan Luhut dalam konferensi pers evaluasi PPKM yang disiarkan secara daring di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (14/2/2022).

Namun, Luhut menegaskan, kelonggaran tersebut harus disertai dengan penerapan protokol kesehatan.

Luhut mengatakan, jika seseorang sudah dua kali divaksin hingga booster, dan tidak ada komorbid, silakan melakukan aktivitas tanpa kekuatiran berlebihan.

“Silakan saja jalan ke mana-mana, masuk mal segala macam tapi tetap gunakan PeduliLindungi. Lakukan PCR atau swab antigen jika merasa ada simptom di dirinya,” lanjutnya.

Luhut mengungkapkan, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, sekitar 60 persen orang yang meninggal akibat varian Omicron belum mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Selain itu, mayoritas pasien meninggal lainnya diketahui memiliki komorbid dan orang-orang berusia lanjut (lansia).

“Jadi kita tidak ada takut berlebihan, kalau dia memang sudah dua kali vaksin dan sudah booster,” tegas Luhut.

Dia pun mengungkapkan, hingga saat ini belum ada keinginan untuk kembali memperketat mobilitas masyarakat. Sebagai gantinya,Pemerintah justru akan terus melakukan pelonggaran kebijakan.

“Jadi kami saat ini belum memiliki keinginan untuk pengetatan lagi. Justru pelonggaran-pelonggaran akan terus kita lakukan tetapi dengan monitoring yang ketat,” terang Luhut.

“Pemerintah juga akan mendorong pelonggaran dipastikan sejalan dengan penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat secara ketat,” imbuhnya.

Comments

Related Articles

Back to top button