Media & Teknologi

Ekspor Perdana Mobil Toyota RI ke Australia, Jokowi Apresiasi SDM Indonesia


Presiden Joko Widodo saat meninjau pencapaian produksi ekspor PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Selasa (15/2/2022). (Sumber: Sekretariat Presiden)

BeritaMujizat.com – Teknologi – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang memiliki kualifikasi dan mampu bersaing di tingkat global dalam memproduksi mobil untuk ekspor.

Apresiasi tersebut disampaikan Presiden saat meninjau pencapaian produksi ekspor PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Selasa (15/2/2022).

PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia telah mencatatkan volume sebesar 2 juta unit mobil secara kumulatif

“Saya sangat menghargai, sangat mengapresiasi, karena apapun tadi kita sudah melihat produknya Fortuner, selain produk-produk yang lain, ini dihasilkan oleh SDM-SDM Indonesia yang memiliki kualifikasi yang sangat baik untuk produk ekspor,” tutur Presiden.

Mobil Toyota buatan Indonesia (Sekretariat Presiden)

Presiden memandang bahwa produk ekspor yang dihasilkan produsen di Indonesia akan bersaing juga dengan produk-produk lain dari negara-negara produsen mobil.

Menurutnya, konsumen akan memilih suatu produk jika produk tersebut memiliki kualitas dan kualifikasi yang baik juga.

“Ini membuktikan bahwa SDM-SDM Indonesia memiliki kualifikasi yang baik dalam memproduksi mobil. Sangat teliti, sangat cermat, sangat hati-hati, karena ini menyangkut keselamatan orang,” ucap Presiden.

Selain itu, Presiden juga mengapresiasi upaya Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang terus mendorong ekspor mobil ke hampir 80 negara di empat benua.

Presiden mengaku senang karena tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) produk mobil yang dihasilkan Toyota telah mencapai lebih dari 75 persen.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga secara simbolis melepas ekspor perdana mobil Toyota Fortuner ke Australia dengan mengibarkan bendera start.

Ekspor ke Australia ini, menurut Presiden merupakan langkah PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia mengambil peluang di tengah pandemi Covid-19.

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia Kenji Kanasugi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor Susumu Matsuda, dan Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia Warih Andang Tjahjono.

Comments

Related Articles

Back to top button