El-BethelRenunganRenungan Harian

Memperbaiki Kesalahan yang Telah Kita Perbuat


BeritaMujizat.com – Renungan – Setiap manusia pasti punya kesalahan. Tetapi, hidup dalam kesalahan tidak dibenarkan dalam hidup orang yang mengasihi Tuhan. Belajar dari kisah Abraham yang juga tidak luput dari kesalahan yang pernah ia perbuat.

Cara Abraham mengambil Hagar agar mendapatkan keturunan, awalnya bisa menjadi sebuah kesalahan. Kejadian 21:8-21 yang kita baca hari ini menceritakan detail bagaimana Abraham mencoba memperbaiki kesalahan yang dia buat.

Keesokan harinya pagi-pagi Abraham mengambil roti serta sekirbat air dan memberikannya kepada Hagar. Ia meletakkan itu beserta anaknya di atas bahu Hagar, kemudian disuruhnyalah perempuan itu pergi. Maka pergilah Hagar dan mengembara di padang gurun Bersyeba. Kejadian 21:14

Di perikop tersebut, Abraham harus mengusir Hagar dan Ismael – anak pertamanya. Melihat dari sudut pandang Abraham sebagai seorang bapak, tidak mudah untuk mengusir Ismael.

Walaupun Ismael bukanlah anak perjanjian, Ismael tetaplah anak Abraham. Tetapi Abraham tetap mau memperbaiki kesalahan yang dia perbuat.

Mungkin banyak memori yang sudah ia lewati bersama dengan Ismael dia singkirkan untuk menyelesaikan perkara-perkara yang menghambat hidupnya. Dari Abraham kita bisa belajar teladan untuk menyelesaikan hal yang menghambat hidup kita.

Kita harus belajar untuk tidak melibatkan perasaan kita dalam menyelesaikan permasalahan hidup kita. Kita harus belajar untuk memakai pikiran dan perasaan Allah dalam menyelesaikan persoalan hidup kita.

Lalu, apakah kesalahan kita membuat hidup kita dan lingkungan kita hancur seluruhnya? Tidak. Allah kita adalah Allah yang setia. Tangan-Nya yang ajaib selalu bisa memperbaiki kesalahan yang kita perbuat. Kejadian 13, 17 – 21 menyatakan bahwa janji-Nya tetap tinggal dalam hidup Ismael.

Tuhan tetap memberikan penyertaan-Nya dalam hidup kita. Tapi dalam penyertaan dan pernyataan janji-Nya, tetap ada ganjaran dari hal-hal yang kita buat dan putuskan. Seperti Ismael, harus melewati padang gurun dan kehausan yang harus menjadi bagian dari perjalanannya.

PERENUNGAN
Sudahkah kita berusaha memperbaiki kesalahan yang kita buat?

DOA
“Tuhan Yesus, kami bersyukur buat kasih setia-Mu dalam hidup kami. Kau adalah Allah yang setia dan adil dalam hidup kami. Ajari kami punya hati yang teguh agar kami bisa menyelesaikan hal-hal yang menghambat hidup kami untuk semakin serupa dengan Engkau. Amin.”

Bagi saudara yang mempunyai kerinduan ber-partner dengan kami saudara bisa mengambil bagian di bawah ini :
1. Doa
http://bit.ly/partnerdoaehop
2. Volunteer
http://bit.ly/volunteerEHOP

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami melalui:
• Email: ehop.id@gmail.com
• WhatsApp: +62 858-6722-0117
• Facebook: https://www.facebook.com/ehopindonesia/
• Instagram: https://www.instagram.com/ehopid/

www.ehopindonesia.com

Comments

Related Articles

Back to top button