El-BethelRenungan

Jangan Menunda Dorongan Roh Kudus dalam Hidup KIta


BeritaMujizat.com – Renungan –  Setiap orang memiliki pilihan dalam hidupnya. Memilih untuk mendengarkan suara Roh Kudus, atau memilih untuk memuaskan kedagingannya.

Hidup menurut dorongan Roh Kudus adalah perkara yang tidak enak dan tidak mudah, dibutuhkan pengorbanan besar karena sakit secara daging. Namun mau tidak mau, hidup menurut kehendak Roh Kudus adalah hal yang harus dilakukan bagi setiap orang percaya di dalam Tuhan.

Roh Kudus selalu mendorong kita melakukan segala sesuatu hal yang selaras dengan firman Tuhan, tapi seringkali kita tidak menyadarinya atau bahkan kita dengan sengaja mengeraskan hati dan tidak menghiraukan suara Roh Kudus.

Dibutuhkan komitmen dan keberanian untuk berani mematahkan segala keinginan hawa nafsu dan kedagingan kita, lalu tunduk mengikuti kemana pun Roh Kudus mau.

Namun yang pasti, Roh Kudus akan membimbing, mengarahkan, dan membentuk kita menjadi pribadi-pribadi yang taat. Dorongan Roh Kudus itu yang harus selalu kita lakukan, karena akan mendorong kita ke arah yang Tuhan mau.

Pada malam harinya tampaklah oleh Paulus suatu penglihatan: ada seorang Makedonia berdiri disitu dan berseru kepadanya, katanya: “Menyeberanglah ke mari dan tolonglah kami!” Kisah Para Rasul 16:9
Bacaan: Kisah Para Rasul 16:9-14

Di dalam perikop ini, dorongan Roh Kudus hadir berupa penglihatan. Paulus mendapatkan penglihatan bahwa ada seorang dari Makedonia yang sedang berdiri di hadapannya dan berseru, “Menyeberanglah kemari dan tolonglah kami!” (ayat 9).

Paulus pun peka akan Roh Kudus sehingga ia bergegas mencari kesempatan pergi ke Makedonia dan memberitakan Injil di situ. Kemudian di ayat 14 dituliskan tentang perempuan yang bernama Lidia salah satu yang ditemui oleh Paulus dan percaya kepada Tuhan.

Dia seorang penjual kain Ungu. Penjual Kain Ungu pada waktu itu adalah orang yang sangat kaya dan orang yang berpengaruh. Kita harus seperti Paulus, kita harus bisa mendengarkan Roh Kudus yang sedang berbicara,
dimulai sebuah dorongan yang kecil untuk kita melakukannya.

Ketika kita melakukan sebuah dorongan yang dilakukan Roh Kudus maka akan banyak hal besar yang akan kita terima, seperti Paulus yang bisa membuat perempuan yang bernama Lidia tadi berubah, yaitu seorang yang kaya dan sangat berpengaruh disaat itu.

PERENUNGAN
1. Apakah kita pernah menolak dorongan suara Roh Kudus?
2. Apakah kita pernah memenangkan jiwa untuk Tuhan?

DOA
“Bapa, berkati hidup kami, supaya kami bisa selalu bersyukur dan selalu taat kepada apa yang
Engkau mau. Ajari kami untuk selalu menyadari tentang dorongan Roh Kudus dalam hidup kami.
Pimpin hidup kami Tuhan. Dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.”

Penulis : Sabdo

Comments

Related Articles

Back to top button