Poleksosbud

Aksi Damai International Woman’s Day di Yogyakarta: Stop War and Keep Love


Aksi Damai Internasional Woman’s Day di Yogyakarta, Selasa (8/3/2022).

BeritaMujizat.com – Sosial – Aksi damai itu digelar untuk memperingati International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap 8 Maret. Aksi yang berlangsung di Titik Nol Yogyakarta, Selasa (8/3/2022) itu diikuti para perempuan anggota Aliansi Mahasiswa Nusantara (AMN) dengan mengunakan baju adat.

Aksi tersebut mengangkat tema “Stop War and Keep Love”. Menyesuaikan tema, peserta aksi pun membawa poster imbauan perdamaian antara Rusia Ukraina.

Seperti dimuat di sekociNET, aksi damai itu disertai pembagian bunga mawar dan masker kepada pengendara yang lewat sebagai wujud tanda cinta agar perdamaian dunia dapat tercapai, serta peringatan kepada masyarakat bahwa Pandemi Covid-19 belum usai.

Kordinator aksi Altingie Arie mengatakan, sebanyak 200 tangkai mawar dan 200 masker dibagikan dalam aksi itu.

“Mawar sebagai tanda perdamaian, sedangkan masker sebagai sebagai pengingat bahwa pandemi covid belum selesai,” ungkap Altingie.

Aksi serupa juga digelar oleh Komite International Women’s Day (IWD) Yogyakarta di kawasan Tugu Pal Putih dengan mengusung tema “Bersama Perempuan Melawan Diskriminasi, Kapitalisme, dan Kekerasan Seksual.

IWD Yogyakarta menuntut pengesahan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual, lantaran sampai hari ini belum ada payung hukum yang mampu mengakomodir kebutuhan korban kekerasan seksual.

Mereka juga menyuarakan tuntutan lain seperti pencabutan Omnibus Law, perlindungan bagi buruh informal, serta segera diterapkannya Permendikbudristek nomor 30 tahun 2021 tentang pencegahan dan penanganan kekerasan seksual.

Kedua aksi tersebut berlangsung secara tertib dan damai.

 

Comments

Related Articles

Back to top button