El-BethelRenunganRenungan Harian

Tuhan Suruh Tunggu


BeritaMujizat.com – Renungan – Tuhan kalau sudah mengutus orang, tidak mungkin Dia biarkan orang itu berjalan sendiri. Dia akan kirimkan orang-orang-Nya yang tepat untuk membantu orang yang Ia utus, karena Ia mau tujuan dari panggilan itu bisa tergenapi.

Seperti halnya Saul, ketika bangsa Israel meminta raja kepada Samuel, akhirnya Tuhan pilih Saul untuk menjadi raja atas mereka.

Saul pilihan Tuhan melalui Samuel. Di 1 Samuel 10:26 disebutkan bahwa orang-orang yang bersama-sama dengan Saul adalah orang-orang yang gagah perkasa yang hatinya digerakkan Allah. Ada orang-orang yang hatinya digerakkan Allah yang mengiring Saul. Selama pemerintahan Saul, banyak kekalahan yang timbul di Filistin, Israel banyak memenangkan pertempuran karena melalui Samuel, Israel selalu bertanya pada Tuhan.

Hingga pada suatu saat, ketika didapati kondisi Israel terjepit (1 Samuel 13:6), FIlistin sudah siap menyerang Israel dan Israel belum siap, Saul disuruh Samuel untuk menunggu selama 7 hari sampai waktu yang ditentukan Samuel.

Ketika Saul sudah menunggu dan Samuel tak kunjung datang juga, Saul mulai berpikir dan merasa kuatir. Bangsa Israel sudah bersembunyi karena takut dan berserak-serak meninggalkan Saul, sedang Saul tidak mengetahui harus maju menyerang atau mundur. Dalam kebingungannya, Saul justru malah membuat korban bakaran, padahal ia disuruh untuk menunggu. Ketika didapati Samuel bahwa Saul telah mempersembahkan korban.

Kata Samuel kepada Saul: ”Perbuatanmu itu bodoh. Engkau tidak mengikuti perintah TUHAN, Allahmu, yang diperintahkan-Nya kepadamu; sebab sedianya TUHAN mengokohkan kerajaanmu atas orang Israel untuk selama-lamanya. Tetapi sekarang kerajaanmu tidak akan tetap. TUHAN telah memilih seorang yang berkenan di hati-Nya dan TUHAN telah menunjuk dia menjadi raja atas umat-Nya, karena engkau tidak mengikuti apa yang diperintahkan TUHAN kepadamu.” 1 Samuel 13:13-14

Samuel mengatakan kepada Saul bahwa perbuatan yang dilakukan Saul adalah bodoh. Apa yang ia lakukan justru adalah sebuah ketidaktaatannya kepada Tuhan, bukan sebuah korban yang Tuhan mau, karena yang Tuhan mau adalah Saul menunggu.

Seringkali kita terjebak dengan cara yang lama. Pikir kita, dengan memberi korban kita akan mengetahui Tuhan mau apa. Kalau Tuhan suruh kita untuk menunggu, maka artinya menunggulah dengan sabar. Jangan mencoba mendahului Tuhan dengan keputusan-keputusan kita. Seringkali kita terburu-buru dan mencoba pakai cara kita sendiri yang kita kira bisa menyelesaikan. Namun yang Tuhan mau adalah ketaatan kita. Taat di setiap langkah kita. Tuhan suruhnya apa hari ini?
Tuhan yang utus kita, maka akan ada direction yang Tuhan beri untuk menyelesaikan itu. Cukup menanti Tuhan dan taati direction-Nya.

PERENUNGAN
Maukah kita menunggu-nunggu Tuhan setiap hari? Maukah kita taat dengan-Nya selangkah demi selangkah?

DOA
_“Tuhan ajar kami tekun dalam penantian kami. Ajar kami menunggu-nunggu Tuhan di setiap hari kami, untuk kami semakin erat dengan hatiMu dan mengerti kehendak-Mu. Amin.”_

Bagi saudara yang mempunyai kerinduan ber-partner dengan kami saudara bisa mengambil bagian di bawah ini :
1. Doa
http://bit.ly/partnerdoaehop
2. Volunteer
http://bit.ly/volunteerEHOP

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami melalui:
• Email: ehop.id@gmail.com
• WhatsApp: +62 858-6722-0117
• Facebook: https://www.facebook.com/ehopindonesia/
• Instagram: https://www.instagram.com/ehopid/

www.ehopindonesia.com

Comments

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button