Renungan

Si Pembuat Keputusan yang Tepat


 

BeritaMujizat.com – Renungan – Pernahkan kita ada di posisi yang bingung atau bimbang dalam menentukan keputusan? Lalu bagaimana rasanya? Pasti ada rasa takut, cemas, ragu-ragu, dan sejenisnya.

Dalam hidup kita tentu saja setiap hari kita diperhadapkan dengan yang namanya keputusan, baik itu dalam hidup kita pribadi, pekerjaan, pelayanan, dan banyak hal lagi. Sebagai orang dewasa tentu kita harus belajar untuk mengambil keputusan yang tepat setiap harinya.

Mengenai pengambilan keputusan ini, mari kita belajar dari salah satu suku dari dua belas suku Israel yaitu Suku Isakhar. Suku Isakhar ini adalah suku yang terkenal ahli dalam membuat strategi dan pengambilan keputusan untuk bangsa Israel.

Seperti ayat berikut: 1 Tawarikh 12:32 (TB) Dari bani Isakhar orang-orang yang mempunyai pengertian tentang saat- saat yang baik, sehingga mereka mengetahui apa yang harus diperbuat orang Israel: dua ratus orang kepala dengan segala saudara sesukunya yang di bawah perintah mereka.

Di ayat tersebut dijelaskan bahwa Bani Isakhar mengutus dua ratus orang yang mempunyai pengertian tentang saat-saat yang baik, sehingga mereka mengetahui apa yang harus diperbuat orang Israel. WOW! Bukankah itu luar biasa? Satu suku yang diurapi Tuhan untuk mengetahui momen yang baik untuk satu bangsa.

Lalu mari kita renungkan, “Mengapa Suku Isakhar bisa seperti itu?” Menurut sejarah, Suku Isakhar adalah suku yang dikenal sebagai orang-orang yang mempelajari Hukum Tuhan atau Taurat Tuhan.

Ketekunan untuk mempelajari Hukum Tuhan itulah yang membuat mereka menjadi suku yang penuh hikmat, dan bahkan suku Zebulon pun diberkati dengan nasihat-nasihat yang diberi oleh suku Isakhar. Oleh sebab itu mari saudara semua kita belajar untuk suka dan tekun meneliti Hukum Tuhan yaitu Firman Tuhan, karena lewat Firman yang kita baca Tuhan akan memberi hikmatnya pada kita.

PERENUNGAN

  1. Apakah ada keputusan-keputusan yang sulit kita ambil sampai hari ini?
  2. Sudahkah kita mempelajari dan merenungkan hukum-hukum Tuhan dengan tekun dalam hidup kita?

DOA

“Tuhan, terimakasih untuk setiap hukum-hukum-Mu yang membawa hikmat dan hidup bagi kami. Kami mau belajar untuk membaca dan merenungkan firman-Mu dengan setia, kami mau supaya setiap keputusan yang kami buat bisa tepat seturut dengan kehendak-Mu. Tolong kami untuk menjadi orang yang mencintai hukum dan taurat-Mu, Tuhan. Terimakasih Tuhan Yesus, dalam nama Yesus kami berdoa, amen.”

Comments

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button