Pesan Mimbar

Ros Hashanah (Siang)


ROSH HASHANAH

1 RAJA-RAJA 8:2

 

BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Dalam kehidupan kita ada perintah yang telah Tuhan tetapkan untuk kita lakukan. Seperti halnya dalam Keluaran 20:1-10 ada 10 perintah Allah. Dan di ayat yang ke 10 jelas dikatakan bahwa supaya kita mengingat dan menguduskan hari sabat.

Arti sabat itu adalah kita mengkhususkan hari untuk Tuhan. Kita beristirahat dalam hadirat Tuhan setelah beraktifitas 6 hari lamanya.

Mengkuduskan hari sabat menjadi bagian dalam 10 perintah Allah. Setiap kita harus menguduskan hari sabat. Dalam Keluaran 31:13 dikatakan bahwa supaya kita memelihara dan mengingat hari sabat kita. Sebab di hari sabat itu Tuhan akan memberikan perjanjianNya. Di hari sabat itu, Tuhan akan memberikan berkatNya bagi kita. Di sabat itu Tuhan berbicara kepada kita.

Keluaran 31:13 (TB)  “Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan kamu.

Ketika melanggar hari sabat pada waktu itu bisa dihukum mati. Kita perlu memahami dan mengerti prinsip-prinsip kehidupan supaya kita tidak melanggar perintahNya. Sehingga kita punya prinsip hidup yang sama seperti yang Tuhan berikan. Hari sabat berhubungan langsung dengan hari penciptaan. Dia menciptakan kembali kehidupan kita menjadi baru.

Dalam Kejadian 2:2-3 dikatakan bahwa Tuhan memberkati hari ke-7 sebagai hari sabat dan sebagai hari pemberhentian kita dari segala kehidupan kita. Sabat adalah penciptaan kembali yang Tuhan lakukan bagi kita. Tuhan yang menciptakan langit dan bumi di hari sabat. Kita jangan melakukan apa-apa di hari sabat. Karena justru Tuhan akan memberikan bagi kita.

     1. Prinsip Penciptaan

Tuhan memberkati ketika kita melakukan sesuatu untuk Tuhan. Ketika kita beribadah, ketika kita berdoa dan ketika melakukan hal yang lainnya. Tuhan menciptakan ketika kita berada di hari sabat. Pelanggaran yang besar adalah ketika kita tidak bergantung pada pencipta hidup kita. Maka oleh sebab itu supaya keluarga kita diberkati maka kehidupan kita akan diciptakan kembali oleh Tuhan.

Dan ini menjadi waktu yang baik supaya kita mendapatkan sesuatu yang baru dariNya di waktu istirahat kita. Kuasa penciptaan Tuhan luar biasa karena Dia menjadikan yang tidak ada menjadi ada. Tuhan menciptakan sesuatu bagi kita dan Tuhan ingin memastikan di hari sabat supaya kita akan diberkati. Dan menikmati berkat-berkat Tuhan ketika kita mau beristirahat di hari sabat. Jangan biarkan kita kehilangan berkat-berkat Tuhan di masa sabat ini.

     2. Prinsip Berkat

Dalam Keluaran 16:18 kita menabur keras dan mencari uang maka tidak akan ada hasilnya karena hidup kita tidak ada sabatnya. Ketika kita tidak berhenti mencari Tuhan maka kita tidak akan berhenti untuk mendapatkan berkat Tuhan. Maka kita perlu tahu bahwa berkat itu datangnya dari Tuhan semata. Justru kita banyak sabat, maka banyak berkat Tuhan.

Prinsip berhenti dalam hadirat Tuhan menjadi prinsip utama untuk kita bisa diberkati Tuhan yaitu kita beristirahat di dalam Tuhan. Berkat Tuhan itu bisa seperti berkat finasial, berkat kesehatan dan berkat yang lain. Kita mengambil waktu bersama Tuhan justru kita akan diberkati Tuhan. Kita ambil waktu untuk pemberhentian dari segenap kegiatan kehidupan kita untuk diam dan tinggal dalam Tuhan.

     3. Prinsip Pengudusan

Kekudusan itu hanya dimiliki oleh Tuhan. Manusia tidak bisa mengusahakan kekudusan. Waktu sabat adalah waktu khusus untuk Tuhan bersama dengan kita dan Dia ingin memisahkan kita dari dunia ini supaya kita mengambil waktu sabat dengan Tuhan sehingga ada berkat sabat yang kita terima.

Kita dipisahkan dari dunia maka hidup kita akan ditandai dan akan dipisahkan dari dunia. Kekudusan adalah sesuatu yang masuk dalam hidup kita. Kekudusan kita adalah hakekat manusia rohani kita. Kita makan dan minum dan itu jd kehidupan. Ketika kita ada masalah kita masuk dalam sabat-sabat kita dan menjadi orang yang diberkati. Ketika kita masuk dalam sabat kita maka kita akan dipisahkan dari dunia untuk mencari Tuhan.

Semua berawal dari menyembah Tuhan maka semua akan dibukakan. Dalam Keluaran 16:30 kita berhenti itu sabat. Kita beristirahat tapi kita harus bernafas.

Hari sabat maka Tuhan memberi nafas kehidupan pada kita. Jangan sampai tidak bernafas dalam hadirat Tuhan sebab Sabat adalah waktu kita bernafas. Jarang orang bisa beristirahat dalam hadirat Tuhan. Ada Spiritual Rest yang perlu setiap orang miliki.

Kalau kita tidak bisa beristirahat dalam hadirat Tuhan maka kita bisa gampang untuk marah. Kita bisa mudah sakit hati dan kita juga akan sesak bernafas (terhimpit oleh beban). Kita belajar beristirahat karena beristirahat dalam hadirat itu sangat sulit. Untuk beristirahat itu luar biasa kita menanggalkan setiap kesibukan kehidupan kita untuk disegarkan kembali dalam hadirat Tuhan. Sehingga kita bisa tahu, langkah hidup mana yang akan kita ambil. Spiritual Rest harus kita ambil menjadi waktu untuk beristirahat kita di dalam Tuhan.

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp. Pdt. Yusuf Hanny Setiawan, S.E, M.B.A pada Minggu, 5 September 2021 di ibadah siang gereja Bethany El Bethel Solo Baru.

Comments

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button