El-BethelRenunganRenungan Harian

Roh Kudus Memampukan Kita Hidup Sesuai Standar Tuhan


BeritaMujizat.com – Renungan – Tanpa sadar kita hidup dan memiliki karakter seperti orang tua kita, bisa jadi karena kita tumbuh sedari kecil Bersama dengan mereka. Peraturan-peraturan dalam keluarga pun turut membentuk karakter kita.

Lalu ketika kita tumbuh dewasa dan berada dalam satu komunitas, seringkali tanpa sadar kita berbuat sama dengan anggota komunitas yang lain. Kalau komunitas itu benar, maka kita akan tergiring untuk hidup dan berlaku benar juga.

Tetapi kemudian sebaliknya, bagaimana kalau komunitas salah? Maka besar kemungkinan kita pun akan menyimpang. Sedikit banyak komunitas dimana kita berada akan mempengaruhi hidup kita.

Imamat 18:3-5 “Janganlah kamu berbuat seperti yang diperbuat orang di tanah Mesir, di mana kamu diam dahulu; juga janganlah kamu berbuat seperti yang diperbuat orang di tanah Kanaan, ke mana Aku membawa kamu; janganlah kamu hidup menurut kebiasaan mereka.Kamu harus lakukan peraturan-Ku dan harus berpegang pada ketetapan-Ku dengan hidup menurut semuanya itu; Akulah TUHAN, Allahmu. Sesungguhnya kamu harus berpegang pada ketetapan-Ku dan peraturan-Ku. Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya; Akulah TUHAN.”

Tapi mari kita belajar dari ayat nats diatas. Dari Imamat 18:3-5, kita dapat melihat bahwa Allah tidak ingin bangsa Israel berlaku seperti bangsa Mesir, tempat dimana mereka selama bertahun-tahun berada sebagai hamba. Dan Allah pun tidak ingin bangsa Israel berlaku seperti orang-orang di Kanaan, walaupun tanah Kanaan merupakan tanah perjanjian untuk mereka.

Allah memiliki ketetapan dan peraturan-Nya sendiri. Tuhan Allah punya standar-Nya sendiri. Ketetapan dan peraturan-Nya adalah standar hidup bagi kita. Kristus menjadi contoh yang tepat untuk kita, tolak ukur untuk setiap apapun yang kita kerjakan. Tetapi secara manusiawi kita pastinya tidak dapat mencapai standar Tuhan. Hanya Roh Kudus yang dapat memampukan kita.

Roh Kudus akan memampukan dan menuntun kita kepada karakter-karakter Kristus. Seringkali Roh Kudus berbicara dalam hidup kita.
Tuhan tidak ingin kita mencontoh orang lain. Tetapi Tuhan ingin kita memiliki karakter-karakter-Nya, meneladani karakter-Nya dan hidup dalam ketetapan-Nya.

PERENUNGAN
Sudahkah kamu menggunakan standar hidup yang benar sesuai dengan yang Tuhan mau?

DOA
“Tuhan ampuni kami jika seringkali kami melakukan hal-hal yang di luar standar dan ketetapan-Mu. Ajari kami untuk hidup sesuai dengan standar dan kehendak-Mu. Roh Kudus kiranya memampukan kami. Dalam nama-Mu kami berdoa, amin.”

Bagi saudara yang mempunyai kerinduan ber-partner dengan kami saudara bisa mengambil bagian di bawah ini :
1. Doa
http://bit.ly/partnerdoaehop
2. Volunteer
http://bit.ly/volunteerEHOP

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami melalui:
• Email: ehop.id@gmail.com
• WhatsApp: +62 858-6722-0117
• Facebook: https://www.facebook.com/ehopindonesia/
• Instagram: https://www.instagram.com/ehopid/

www.ehopindonesia.com

Comments

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button