Berita Gereja

Raja Ampat Siap Gelar Konferensi Misi Nasional 2024


BeritaMujizat.com – Berita Gereja – Konferensi Misi Nasional yang akan diselenggarakan di Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat pada Agustus 2024, akan menjadi ajang pertemuan penting bagi perwakilan dari gereja-gereja di seluruh Indonesia serta organisasi mitra penerjemahan Alkitab dari dalam dan luar negeri.

Dengan dihadiri oleh seratus lima puluh orang, acara ini diharapkan dapat memperkuat kerjasama dalam misi-misi keagamaan dan penerjemahan Alkitab, serta mendiskusikan berbagai tantangan dan strategi untuk memperluas jangkauan misi mereka.

Menurut data dari Gerakan Penerjemahan Alkitab Indonesia (GaPAI) Kartidaya, terdapat 234 bahasa di Indonesia yang membutuhkan penerjemahan Alkitab, dengan 108 bahasa di antaranya berada di Tanah Papua. Untuk mengatasi kebutuhan ini, kemitraan gereja dengan lembaga misi penerjemahan Alkitab diadakan dalam forum “Konsultasi Misi” yang telah diadakan sebelumnya di Ambon dan Sulawesi Utara.

Pada tahun 2024, Gereja Kristen Injili (GKI) di Tanah Papua dipilih sebagai tuan rumah untuk mengadakan Konsultasi Misi yang kemudian dinamai “Konferensi Misi Nasional 2024.” Ketua Panitia, Syamas Orideko Burdam, menyatakan bahwa Raja Ampat siap menyukseskan acara ini yang akan diadakan di Gereja Alfa Omega Waisai.

Penerjemahan Alkitab ke dalam bahasa daerah juga bertujuan untuk melindungi bahasa daerah dari ancaman kepunahan. Di Raja Ampat, Kartidaya bersama Sinode dan Klasis sedang menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa Ambell, Kawei, Matbat, Tipin, dan Iha.

Peserta konferensi akan terdiri dari gereja-gereja di wilayah Tanah Papua, mitra Wycliffe Global Alliance di luar negeri, serta gereja-gereja anggota Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) di berbagai wilayah Indonesia. Panitia pelaksana telah dilantik oleh Sekretaris Sinode GKI di Tanah Papua, Pdt. Daniel Kaigere, pada 28 Februari 2024.

Rapat perdana untuk persiapan konferensi diadakan di Hotel Rylic Panorama, Sorong, pada 22 Mei 2024, yang dihadiri oleh berbagai pemimpin gereja dan perwakilan lembaga misi.

Comments

Related Articles

Back to top button