El-BethelRenunganRenungan HarianSpiritualitas

Dasar Keselamatan: Dibebaskan oleh Iman, Bukan Perbuatan


BeritaMujizat.com – Renungan – Di ayat  Roma  3:28  menggambarkan  dasar  keyakinan  Kristen  yang  mendasar:  bahwa  kita dibenarkan oleh iman kepada Yesus Kristus, bukan oleh perbuatan baik atau ketaatan hukum Taurat.

Kebenaran Kristen tidak bergantung pada apa yang kita lakukan, tetapi pada iman kita kepada Yesus sebagai Juruselamat.

Ketika kita melihat viralnya Kristen Progresif, kita bisa melihat bagaimana pesan keselamatan yang sederhana ini mungkin menjadi kabar yang menggema di tengah-tengah masyarakat modern yang serba cepat dan kompleks. Kristen Progresif menekankan pentingnya kasih, keadilan sosial, dan inklusivitas, dan ini mencerminkan esensi iman Kristen yang mendasar.

Namun, kita juga harus berhati-hati agar tidak menyalahgunakan konsep Kristen Progresif ini. Sementara kasih dan keadilan sosial adalah nilai-nilai yang penting dalam iman Kristen, kita harus selalu kembali kepada inti dari iman Kristen: bahwa keselamatan kita datang melalui iman kepada Yesus Kristus, bukan melalui perbuatan baik kita sendiri.

“Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat.” Roma 3:28

Bacaan Roma 3:27-31 mengingatkan kita bahwa kita semua sama di hadapan Allah, baik Yahudi maupun non-Yahudi. Tidak ada yang dibenarkan oleh perbuatan baik atau ketaatan hukum, tetapi semua orang dibenarkan oleh iman kepada Yesus Kristus. Ini adalah dasar keselamatan kita, dan tidak ada yang lainnya. Yohanes 14:6 “Kata Yesus kepadanya: ”Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

PERENUNGAN

Roma 3:28 mengingatkan kita untuk kembali kepada dasar iman Kristen yang mendasar: bahwa kita dibenarkan oleh iman kepada Yesus Kristus, bukan oleh perbuatan baik kita sendiri. Meskipun nilai-nilai Kristen Progresif seperti kasih dan keadilan sosial penting, kita harus tetap memprioritaskan esensi iman Kristen yang sejati.

DOA

“Ya Tuhan, terima kasih karena keselamatan kami datang melalui iman kepada Yesus Kristus, bukan melalui perbuatan baik kami sendiri. Bimbinglah kami untuk hidup sesuai dengan nilai-nilai kasih dan keadilan sosial yang Engkau ajarkan, tetapi juga untuk selalu kembali kepada dasar iman Kristen yang mendasar. Biarkan kami menjadi saksi bagi kemuliaan-Mu, membawa kabar keselamatan kepada semua orang di sekitar kami. Di dalam nama Yesus kami berdoa. Amin.”

Penulis : Ryon

Comments

Related Articles

Back to top button