Berita Gereja

Perayaan Kamis Putih Digelar Beberapa Gereja, Ingatkan Teladan Tuhan Yesus


BeritaMujizat.com – Berita Gereja – Kamis 6 April 2023 umat Kristiani di beberapa gereja di Indonesia mengadakan ibadah malam Kamis Putih.

Kamis Putih adalah hari Kamis sebelum Jumat Agung dalam rangkaian perayaan Paskah. Pada Hari Raya Pekan Suci ini umat Kristen beberapa sinode gereja mempunyai tradisi memperingati Perjamuan Malam terakhir yang dipimpin oleh Yesus.

Salah satunya seperti Gereja Kristen Jawa Kartasura. Malam ini GKJ Kartasura mengadakan ibadah untuk memperingati hari Kamis Putih sebagai salah satu rangkaian perayaan Paskah pada tahun ini.

Jemaat terlihat memenuhi gedung gereja. Hal ini tentunya tidak seperti beberapa tahun yang lalu saat Indonesia masih dalam lingkup pandemi covid-19. Jemaat dapat beribadah secara onsite tanpa batasan kuota hadir.

Seluruh jemaat yang beribadah memakai baju bernuansa putih. Hal ini tentu saja sebagai tanda mereka menghayati akan perayaan Kamis Putih ini.

Dalam ibadah ini juga dilaksanakan perjamuan kudus. Seperti apa yang telah Yesus lakukan bersama para murid sebelum di salib. Perjamuan Kusdus ini merupakan peringatan akan perjamuan terakhir Yesus dan mengingatkan jemaat akan tubuh dan darah Yesus yang telah disalib.

Sesaat sebelum menyampaikan kotbah, pendeta juga melakukan pembasuhan kaki kepada jemaat. Hal ini pun sebagai penghayatan akan Yesus yang membasuh kaki murid-muridnya saat perjamuan terakhirnya.

Pelayanan Kamis Putih secara tradisional dan dapat mengenangkan kita pada peristiwa-peristiwa di mana Yesus mendekati masa-masa kematian-Nya. Peristiwa-peristiwa yang sangat kaya makna dan penting.

Ini juga pengenangan akan perjamuan malam yang dilakukan Yesus, di mana untuk terakhir kalinya Yesus berbagi roti Paskah dengan para murid. Ini adalah tanda dari keteladanan Yesus yang mereka semua pengikutnya menyebutnya “pelayan”.

Membasuh kaki ini merupakan suatu teladan untuk merendahkan diri dan melayani. Dan Tuhan sendirilah yang memberikan telanda itu kepada murid-muridNya.

Comments

Related Articles

Back to top button