El-BethelRenungan

Move On !


“Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” 2 Korintus 5:17

BACAAN : 2 Korintus 5:1-10

Setelah Tuhan Yesus menebus kehidupan kita di kayu salib, kita memperoleh hidup baru di dalam-Nya. Kita dipindahkan dari maut kepada hidup yang kekal dalam Tuhan. Bahkan kita memiliki ‘sebutan’ baru, yaitu ‘ciptaan baru’. Penebusan Tuhan Yesus di kayu salib membuat kita ‘diciptakan kembali’ di dalam-Nya.

Ketika kita mengerti arti dari keselamatan dan telah menjadi manusia baru, seharusnya bukan hanya ‘sebutan’ kita saja yang baru, namun kita juga seharusnya hidup sebagai manusia baru dan mengenakan ‘pakaian’ baru yang dari Tuhan. Kita seharusnya memiliki hati yang baru, pola pikir, cara pandang, bahkan gaya hidup yang baru, yang sesuai dengan firman Tuhan, yang seturut dengan kehendak Tuhan dalam hidup kita. Hidup baru ini tercermin dari setiap hal yang kita lakukan sehari-hari dalam hidup kita, baik pikiran, perkataan, maupun perbuatan kita.

Namun, 2 Korintus 5:4 menyatakan: “Sebab selama masih diam di dalam kemah ini, kita mengeluh oleh beratnya tekanan, karena kita mau mengenakan pakaian yang baru itu tanpa menanggalkan yang lama, supaya yang fana itu ditelan oleh hidup.”

Permasalahannya adalah, seringkali kita mau masuk ke dalam kehidupan baru, tanpa mau menanggalkan apa yang lama dalam hidup kita. Padahal Alkitab dengan jelas menyatakan bahwa kita tidak bisa mengenakan keduanya.

Hari ini kita diingatkan untuk menanggalkan ‘pakaian lama’ kita. Setiap dosa, kebiasaan buruk, ikatan-ikatan yang ada dalam kehidupan kita, karena semua itu merintangi kita untuk memiliki hidup baru yang semakin berkenan di hadapan Allah. Dengan kekuatan kita sendiri, kita tidak akan mampu. Namun syukur kepada Allah, 2 Korintus 5:5 menyatakan bahwa Allah sendiri telah mengaruniakan Roh-Nya pada kita dan memampukan kita. Haleluya.

PERENUNGAN :

  1. Apa hal-hal dalam hidup kita yang masih merintangi kita untuk memiliki hidup baru dalam Tuhan?
  2. Apa langkah sederhana yang akan kita ambil untuk menanggalkan ‘pakaian lama’ kita dan setiap kehidupan kita yang lama?

DOA :

“Tuhan Yesus, terimakasih untuk pengorbanan-Mu di kayu salib yang telah membuat kami memiliki hidup yang baru dan menjadi ciptaan baru di dalam-Mu. Ampuni kami ketika seringkali kami masih belum bisa meninggalkan manusia lama kami dan hidup dalamnya. Tuhan, tolong kami untuk memiliki hidup yang baru, menjadi ciptaan baru, yang seturut dengan kehendak-Mu. Dalam nama Yesus kami berdoa, amen.”

Penulis : Adinda

Comments

Related Articles

Back to top button