Pesan Mimbar

Milik Kristus


MILIK KRISTUS

GALATIA 3 : 29

 

BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Dalam perjalanan kekristenan, kita mengenal Kristus kiranya kita mengerti dan memahami bahwa kita adalah milik Kristus. Dalam Galatia 3:27-29 sebuah peritiwa Paulus menulis pesan kepada jemaat di Galatia. Hal ini terjadi karena orang Galatia banyak yg bimbang karena merasa bahwa hukum taurat itu harus bersunat dan melakukan kehidupan keagamaan.

Orang-orang Galatia menyibukkan diri tentang sunat tapi lupa akan Tuhan. Orang Galatia lupa bahwa dirinya adalah milik Tuhan. Esensinya itu adalah milik Kristus. Sering kali kita melupakan kebenaran tersebut. Kita dibaptis seperti di lahirkan kembali dan mengalami perubahan hidup. Dan kita sudah sepenuhnya adalah milik Kristus.

Hari ini, Minggu 15 Agustus 2021 di ibadah pagi ada 23 orang yang menerima baptisan. Ketika di baptis rasanya pasti berbeda. Seiring berjalannya waktu, kita kadang lupa bahwa kita adalah milik Kristus. Ketika kita sudah dibaptis kita mengenakan pribadi Kristus. Kita dibaptis dan dikuburkan setiap manusia lama kita. Apapun yang terjadi adalah kita adalah milik Kristus. Pada hakekatnya kita adalah milik Kristus. Tapi karena dosa kita justru adalah milik dosa.

Ketika kita berbuat dosa maka kita akan menjadi pribadi yang hilang. Dan perlu diselamatkan dan dicari supaya kembali. Jangan sampai kita menjadi hilang dan perlu dicari. Jangan hilang kesadaran kita bahwa kita adalah milik Tuhan. Keadaan memang berat jangan lupa bahwa kita milik Kristus maka kita akan tenang dan damai.

Kita akan memiliki rasa yang memiliki itu selamanya kepada Tuhan bukan seperti suami istri yang bisa ditinggal. Tapi sering kali kita lupa menjaga diri kita. Kita lupa bahwa diri kita adalah milik Kristus. Paulus berkata jelas bahwa orang Galatia lupa esensi akan Tuhan. Dan salah fokus dan justru berfokus kepada yang lahiriah dan sunat.

 

Bagaimana Arti dari Kita Milki Kristus:

1. Sebuah Panggilan

Dalam Roma 1:6 (TB)  Kamu juga termasuk di antara mereka, kamu yang telah dipanggil menjadi milik Kristus. Arti milik Kristus adalah sebuah panggilan. Seperti hp yang melakukan panggilan kepada hp yang lain. Begitu juga dengan Tuhan yang memberi panggilan dalam hidup kita. Bukan kita yang memilih Tuhan tapi Tuhan yang memilih kita. Yang memanggil kita adalah Kristus sendiri. Nama kita di panggil oleh Tuhan dan biarlah kita memiliki respon kita yang tepat.

Menjadi dipilih atau tidak adalah respon hati kita. Milik Kristus adalah panggilan dari Tuhan. Panggilan Tuhan itu yang membedakan kita dengan yang lain. Secara rohani, leluhur kita adalah Abraham. Kita percaya bahwa kita adalah keturunan Abraham yang berhak menerima berkat Tuhan dan menjadikan kita milik Kristus. Keselamatan karena Kristus yang memanggil bagi orang Yahudi dan semua yang di kasihinya.

Tuhan tidak mau kehilangan kita. Secara fisik memang kita bergereja atau mungkin kita sudah melakukan banyak hal. Yang sangat penting bahwa Dia tidak mau kehilangan hati dan pribadi kita. Kita bisa mengerti dan menghadapi kehidupan ini bersama Tuhan. Ketika kita menyadari bahwa kita adalah milik Kristus, maka kita akan menerima berkat Kristus tersebut karena kita adalah milik Kristus.

2. Tidak Punya Hak Lagi.

Dalam Galatia 2:20 (TB)  namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.

Arti milik Kristus berarti tidak punya hak lagi. Karena hidup kita sudah menjadi kepunyaannya Dia. Kita renungkan apakah hidup kita milik Kristus. Selama hidup kita perlu mengerti bahwa kristus adalah kepunyaan kita.

Dalam Galatia 5:20 salah satu ciri kita milik Kristus adalah menyalibkan daging dan mengekang segala keinginan kita. Ketika hidup kita bukan kita lagi maka kita akan menyalibkan daging. Dan ini bukan hal yang mudah. Karena itu sulit bagi daging kita. Kita perlu hidup dalam roh yaitu hidup dalam iman kepada Tuhan.

Hari-hari ini keinginan daging semakin kuat oleh sebab itu ijinkan hati dan roh selalu lebih kuat. Karena kita punya kecenderungan yang hidup dalam daging. Oleh sebab itu yang terpenting adalah hati. Berkat dan kaya itu hanya efek dari apa yang kita kerjakan. Yang penting dalam hidup adalah hidup kita dalam rencana Tuhan dan menjadi milik Kristus.

Seperti Yusuf, Daud dan Paulus yang hidup dalam Kristus. Meskipun banyak jatuh bangun tapi mereka menyadari bahwa mereka adalah milik Kristus. Kita perlu selalu mencari Tuhan terlebih dahulu maka semua akan ditambahkan. Rencana Tuhan dalam hidup kita perlu di cari maka semua akan ditambahkan. Fokus kita adalah Tuhan. Memang bukan hal yang mudah karena akan bisa melenceng dan belok. Karena hidup sesuai rencana Tuhan itu sulit maka kita butuh Roh Kudus yang menuntun.

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp. Pdt. Benyamin Henry Setiawan, S.Miss Bp. Pdt. Yusuf Hanny Setiawan, S.E, M.B.A pada Minggu, 08 Agustus 2021 di ibadah sore gereja Bethany El Bethel Solo Baru.

Comments

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button