Pesan Mimbar

Membangun Manusia Roh


 

MEMBANGUN MANUSIA ROH

1 KORINTUS 2:14

 

BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Dalam kehidupan ini kita percaya bahwa segala sesuatu itu datangnya dari Tuhan. Segala yang baik yang kita punya itu harus di jaga supaya tidak kembali dimiliki oleh  roh jahat yang datang mengambilnya. Contohnya adalah hati dan hidup kita yang sudah Tuhan pilih dan tebus dengan diriNya sendiri. Maka itu menjadi bagian dan tanggung jawab setiap kita. Jangan kita biarkan hal yang penting itu diambil dari kita.

Seperti saudara-saudara kita yang sudah dipermandikan dalam baptisan air menjadi awal yang baru dalam hidupnya di dalam menjaga manusia rohani. Manusia roh yang perlu di beri makan dan di jaga. Karena seringkali kebiasaan dan dunia akan selalu membawa untuk hidup kembali dengan cara hidup yang lama. Bila manusia jasmani lebih kuat, maka manusia rohani akan menjadi lemah dan kalah. Dan pada akhirnya hidupnya akan selalu mengikuti kehidupan jasmani. Oleh sebab itu kita perlu untuk selalu menjaga manusia rohani kita.

Membangun Manusia Roh :

  1. Membangun Kebiasaan

Cara membangun dan menjaga manusia rohani kita adalah dengan cara membagun kebiasaan kita setiap hari. Ada manusia rohani yang harus di jaga. Ada kehidupan di dalam kita yang perlu kita jaga setiap saat. Bukan hanya memberi makan jasmani kita tapi manusia roh kitapun perlu makan.

Dalam Galatia 3:3 jelas di katakan untuk mengingatkan kita juga supaya kita tidak hidup dalam daging lagi ketika kita sudah memulai hidup dalam roh. Oleh sebab itu ketika kita sudah menjadi milik Kristus maka kita perlu memunculkan kebiasaan hidup yang baru. Kita perlu memiliki habitat yang baru. Manusia lama mempunyai kebiasaan yang lama oleh sebab itu kita perlu memiliki kebiasaan baru. Kebiasaan baru yang membawa kehidupan kita lebih diperbaharui di dalam Kristus.

Untuk menjaga manusia baru kita perlu menjaga manusia rohani. Jangan seperti di dalam 2 Petrus 2:22 kita kembali pada kebiasaan yang lama padahal hidup kita sudah di perbaharui di dalam Kristus, hidup kita sudah menjadi milik Kristus.

Dalam Matius 12 :43-45 ada 7 roh jahat yang kembali dan menjadi kehidupan yang lebih buruk dari sebelumnya. Kita mulai memaksa diri untuk membangun kebiasaan baru supaya ada perubahan perilaku. Perilaku adalah kebiasaan yang harus berubah ke kebiasaan yang benar. Maka kita akan bisa selalu menjaga manusia rohani kita.

2Menjaga Kehidupan yaitu Hati

Apapun yang berinteraksi dalam kehidupan itu akan menjadi sebuah pergaulan (1 Korintus 15:33-34). Kebiasaan itu menjadi budaya dan bisa menjadi pola pikir. Kebiasaan yang baik itu adalah kebiasaan yang ingin kita bangun di dalam Tuhan. Kebiasaan yang baru dan benar itu seperti kebiasaan untuk kita berdoa, menyembah, ke gereja, perubahan karakter dalam hidup kita.

Kita perlu belajar mengerti dan belajar membangun kebiasaan yang baru. Kita membangun untuk tinggal dalam hadirat dan berendam dalam kediamaan Tuhan. Hidup kita di muridkan oleh Roh Kudus sehingga kita bisa menyembah Tuhan dan menyembahNya dari hati. Dengan kebiasaan yang baru akan membangun sensitifitas dalam hati kita. Kebiasaan benar itu akan muncul ketika kita tinggal dalam hadirat Tuhan. Membangun kebiasaan baru itu akan dapat membuat perubahan kehidupan kita.

Yang terpenting adalah membangun kehidupan dan menjaga kehidupan roh kita dan jangan sampai mati. Dalam Amsal 4:23 kita menjaga hati dan kehidupan kita. Oleh sebab itu kita jangan gampang marah, jangan gampang akar pahit yang membuat hati kita kotor dan sakit. Yang penting adalah membangun kehidupan dalam kita dan menjaga hati kita. Jangan pernah pendam kebencian di dalam tapi terus menjaga hati dan kehidupan. Orang tidak bersemangat karena hatinya kecil tapi biarlah kita belajar mencintai dan menjaga hati.

  1. Menjaga Makanan

Dalam 1 Korintus 10:3-4 ada Istilah tentang makanan dan minuman rohani. Kita perlu makan dan minum yang baik supaya kita beroleh kehidupan yang baik. Dalam 1 Korintus 12:13 berbicara tentang makan dan minum, haus dan lapar. Kerohanian kita akan bertumbuh bila kita makan dan minum serta membagi firman supaya tumbuh. Kehidupan kita akan bertumbuh ketika kita membaca ayat dan berdoa senantiasa.

  1. Melatih Ibadah

Dalam 1Timotius 4:7-8 bahwa ibadah itu sangat penting dan berguna bagi kehidupan rohani kita. Memiliki kehidupan yang selalu ingin beribadah dan Jangan bolos kebaktian. Semakin banyak ibadah semakin baik bagi kerohanian kita. Ini berarti bukan kita agamawi tapi manusia roh kita makan dan terbangun kita.

Dalam Ibrani 10:25 dikatakan supaya kita tidak menjauhkan diri dari kehidupan dan pertemuan ibadah kita. Karena pertemuan kita itu yang bisa membuat manusia roh kita bertumbuh. Dalam 1 Korintus 2:14 bahwa manusia jasmani tidak mampu menilai dan mengerti, tapu yang mampu mengerti adalah manusia rohani. Oleh sebab itu teruslah melatih manusia roh kita supaya bertumbuh.

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp. Pdt. Yusuf Hanny Setiawan, S.E, M.B.A pada Minggu, 22 Agustus 2021 di ibadah sore gereja Bethany El Bethel Solo Baru.

Comments

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button