El-BethelRenunganRenungan HarianSpiritualitas

Mengalami Kekuatan Doa di Tengah Penderitaan


BeritaMujizat.com – Renungan – Ketika kita membaca Ibrani 5:7 yang berbunyi :Dalam hidup-Nya sebagai manusia, ia telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan keluhan kepada Dia, yang sanggup menyelamatkan-Nya dari maut, dan karena kesalehan- Nya ia telah didengarkan.”

 Ayat ini menggambarkan momen yang sangat intim dalam kehidupan Yesus di Bumi. Dalam kesengsaraan-Nya yang mendalam, Yesus memohon kepada Bapa surgawi dengan suara yang keras dan air mata.

Ini adalah gambaran kehidupan yang penuh penderitaan, ketika Yesus, meskipun adalah Anak Allah yang sempurna, merasakan beban manusiawi yang luar biasa. Namun, dalam kepasrahan dan ketekunan-Nya, Ia memohon kepada Sang Pencipta, dan Bapa surgawi mendengarkan doa-Nya.

Kisah doa Yesus ini mengajarkan kita tentang kekuatan doa dalam kesengsaraan. Bahkan dalam saat-saat tergelap dan paling sulit dalam hidup kita, doa adalah tempat kita untuk mencari kekuatan, penghiburan, dan harapan. Seperti Yesus, kita diundang untuk membawa beban kita kepada Tuhan, menumpahkan hati kita di hadapan-Nya dengan kepercayaan penuh bahwa Ia mendengarkan dan peduli.

Tidak hanya itu, ayat ini juga menunjukkan kepada kita pentingnya kesetiaan Yesus dalam kebaktian- Nya kepada Bapa. Meskipun menderita, Ia tetap taat dan setia kepada kehendak-Nya. Kesetiaan-Nya mengilhami kita untuk tetap bertekun dalam kebaktian kita kepada Tuhan, bahkan di tengah-tengah penderitaan dan tantangan. Kesetiaan ini membuahkan hasil, karena Allah selalu setia memperhatikan dan mendengarkan doa-doa anak-anak-Nya yang setia.

PERENUNGAN

  1. Apakah kita memiliki keberanian untuk membawa segala beban kita kepada Tuhan dalam doa, terutama dalam saat-saat kesulitan?
  2. Bagaimana kita dapat meniru kesetiaan Yesus dalam melayani Allah, bahkan dalam kondisi yang sulit?

DOA

“Ya Bapa surgawi, terima kasih atas contoh kesetiaan dan ketekunan dalam doa yang diberikan oleh Yesus. Ajarkanlah kami untuk mengikuti teladan-Nya, membawa segala beban kami kepada-Mu dalam doa dengan kepercayaan penuh bahwa Engkau mendengarkan. Berilah kami keberanian dan ketekunan untuk tetap setia dalam melayani-Mu, bahkan dalam saat-saat penderitaan dan kesulitan. Kami percaya bahwa Engkau senantiasa hadir di tengah-tengah kami, mendengarkan doa-doa kami dan memberikan kekuatan yang kami butuhkan. Di dalam nama Yesus, kami berdoa. Amen.”

Penulis : Fajar

Comments

Related Articles

Back to top button