Poleksosbud

Kisah Nia Daniati di Kupang, 15 Tahun Derita Kista 20 Kg, Tak Mampu Biayai Pengobatan


Nia Daniati Nitti, penderita kista seberat 20 kg (Sumber: Ananias Petrus)

BeritaMujizat.com – Sosial – Nia Daniati Nitti (35), warga Desa Tunbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, harus mengalami nasib malang bersama penyakit yang dideritanya 15 tahun.

Gadis yang kerap disapa Nia itu menderita penyakit kista sejak berusia 20 tahun.

Nia kini masih hidup bersama kista yang terus membesar dan beratnya telah mencapai 20 kg.

Putri pertama dari pasangan Fransiskus Runesi dan Mariance Runesi-Nitti ini pernah dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan operasi. Namun keluarga ragu karena bersyarat.

Berdasarkan laporan Ananias Petrus dari Merdeka.com, Kepala Desa Tunbaun Robby Nitti menjelaskan, saat keluarga membawa Nia ke rumah sakit diberikan dua opsi. “Mereka (pihak rumah sakit) bilang antara hidup dan mati, jadi keluarga keberatan dan menolak dilakukan operasi,” ungkapnya belum lama ini.

Karena takut kehilangan nyawa anaknya, keluarga membawa pulang Nia ke rumah untuk menjalani perawatan mandiri dengan pengobatan tradisional.

“Keluarga pakai obat-obat tradisional sambil mendukung dalam doa,” ujar Robby Nitti.

Namun selama 15 tahun masa pengobatan tradisional dan perawatan mandiri, kondisi Nia tidak kunjung membaik. Malah kista di dalam tubuhnya makin membesar dan beratnya kini mencapai 20 kilogram.

“Berat kista sudah 20 kilogram sehingga Nia sulit beraktivitas secara normal,” ungkap Robby.

Menurutnya, Nia yang merupakan anak sulung dari tiga bersaudara ini hanya bisa menghabiskan waktu di rumah selama 15 tahun terakhir, Dia juga terpaksa melakukan aktivitas seadanya di tempat tidur.

Kedua orang tuanya pun memilih pasrah. Selain dari keluarga tidak mampu, mereka juga takut dengan dua opsi yang dikatakan oleh rumah sakit saat akan dilakukan tindakan operasi.

“Mereka dari keluarga kurang mampu. Mereka sangat butuh uluran tangan untuk proses operasi dan penyembuhan,” kata Robby Nitti.

Nia kini telah dibawa ke Rumah Sakit Leona Kupang untuk observasi dan menunggu waktu pelaksanaan operasi. Keluarga berharap proses operasi bisa berjalan lancar dan kista di perut Nia bisa diangkat.

Comments

Related Articles

Back to top button