BMNews

Jokowi Pakai Baju Adat Buton di Upacara HUT ke-77 RI, “Dolomani” Perjalanan Seorang Pemimpin


Presiden Jokowi Bersama Bersama Ibu Iriana Memakai Baju Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara (Setkab RI)

BeritaMujizat.com -BMNews- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara, pada Upacara HUT ke-77 RI di halaman Istana Merdeka Jakarta, Selasa (17/8/2022).

Presiden Jokowi memang selalu tampil memakai baju adat dalam tiap perayaan HUT kemerdekaan RI. Pada HUT ke-76 RI tahun 2021 lalu, Presiden mengenakan baju adat Perpaduan dari Provinsi Lampung. Kali ini pakai baju Dolomani dari Buton.

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton,” ujar Presiden Jokowi seperti disiarkan Setkab RI.

Melansir berbagai sumber, Dolomani merupakan pakaian kebesaran Sultan Buton saat menghadiri upacara-upacara resmi Kesultanan Buton

Baju Dolomani biasanya berwarna hitam, tetapi khusus momen peringatan Kemerdekaan RI, Jokowi mengenakan Dolomani dengan nuansa merah putih.

Baju adat Dolomani yang dikenakan Jokowi terdiri dari luaran berwarna merah yang dilengkapi kotangi (baju dalaman) berwarna putih, serta sarung dan kopiah merah yang senada.

Jokowi juga melengkapi tampilannya dengan sulepe (ikat pinggang), ewanga (keris atau badik), serta katuko (tongkat).

Makna baju adat Buton memang melambangkan perjalanan seorang pemimpin. Ada motif bunga rongo yang menghiasi, yang menggambarkan bagaimana seorang pemimpin meraih posisinya dari bawah, naik jadi pemimpin, lalu akan turun kembali jadi rakyat biasa.

Kemudian terdapat ornamen tumbuhan setempat yang dikenal manis tetapi bisa memicu gatal. Ini mengandung makna bahwa pemimpin harus waspada terhadap bahaya.

Lainnya yang mencuri perhatian adalah sebuah motif bunga dan kaligrafi yang tertera di kopiah Jokowi. Jika dibaca tulisannya berbunyi ‘maulana’.

Sementara itu, Ibu Negara, Iriana Joko Widodo memakai baju Dolomani berwarna biru – emas.

Comments

Related Articles

Back to top button