Pesan Mimbar

Hadirat Tuhan


HADIRAT TUHAN

2 TAWARIKH 7:2

 

BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Masa sulit dan sukar karena adanya Covid-19 tidak ada satu pun yang tau kapan selesainya. Keadaan Covid ini bisa membuat kita menyerah atau justru bangkit. Di masa pandemik ini segala sesuatu memang semua serba dibatasi. Bahkan untuk beribadahpun semua juga masih dalam pembatasan. Bahkan segala sesuatu yang dilakukan dalam lingkungan umum di luar juga sangat dibatasi.

Sebenarnya untuk ibadah di masa pandemik ini baik online maupun offline itu tidak menjadi masalah, yang terpenting adalah kesungguhan kita datang kepada Tuhan bahkan pentingnya hubungan yang terjalin dan hidup di sana. Sering kali kita mengampangkan untuk tidak datang beribadah tetapi berani melakukan hal yang lain. Seharusnya keadaan ini membuat kita lebih tekun mencari Tuhan.

Kita tidak tahu kapan waktu sulit ini akan berakhir dan kembali normal seperti sediakala. Oleh sebab itu kita harus lebih giat dan giat lagi mendekat kepada Tuhan. Bisa melihat dan mengatasi pergantian musim untuk selalu kita doakan. Apapun tantangannya setiap rencana dan kehendak Tuhan harus terjadi.

Percaya bahwa waktu Tuhan sudah tiba bagi gereja kita. Gereja kita harus menjadi tempat kediaman Tuhan. Secara rohani, jasmani dan mental harus mulai dibenahi kembali sehingga kita nyaman di dalam Tuhan. Dalam 2 Tawarikh 7:1-3 doa Salomo dapat mendatangkan api Tuhan. Kemuliaan Tuhan memenuhi rumah Tuhan. Segenap orang Israel sujud menyembah nama Tuhan. Hadirat Tuhan yang sangat kuat, kemuliaan Tuhan yang sangat kuat memenuhi tempat kediaman rumah Tuhan.

     1. Hadirat Tuhan Ada Sebelum Dunia Dijadikan

Ada jam-jam tertentu yang sudah Tuhan siapkan untuk kita menghadap hadirat Tuhan. Waktu itu di jaman itu mereka datang ke Yerusalem untuk menghadap Tuhan. Hadirat Tuhan adalah pribadi Allah yaitu sebelum dunia dijadikan. Dalam Yohanes 17:5 Hadirat Tuhan itu sudah ada sebelum dunia ada. Esensi kemuliaan Tuhan adalah hadirat Tuhan. Dalam Kejadian 1:1 hadirat Tuhan ada sebelum ada langit dan bumi yang ada adalah Tuhan sendiri.

Keluaran 23:17 orang Israel ada aturan bahwa 3 kali dalam setahun mereka ke Yerusalem supaya menghadap ke hadirat Tuhan. Hadirat Tuhan bagi Israel itu sangat penting sekali. Dalam kehidupan kita, ketika kita berada di waktu yang sudah ditentukan, tempat yang sudah di siapkan. Ini menjadi waktu yang didedikasikan untuk menghadap hadirat Tuhan. Hadirat Tuhan itu bukan tempat tapi pribadi Allah sendiri.

Separahnya hidup manusia kalau tersentuh dengan hadirat Tuhan, maka kita akan bisa berubah. Parameternya adalah apakah hidup kita sudah penuh dengan hadirat Tuhan. Ketika kita melihat kebesaran Tuhan, maka kita akan malu kalau kita tidak bisa bersyukur. Dalam Kejadian 3:23-24 hadirat Tuhan pertama kali dinyatakan di Taman Eden, dan justru karena dosa ada jarak yang membatasi manusia untuk masuk dalam hadirat Tuhan karena dosa. Kita sudah kehilangan Tuhan karena dosa. Dihadirat Tuhan ada solusi kehidupan.

     2. Hadirat Tuhan Adalah Tempat Kediaman Tuhan

Tabernakel, Bait Salomo yang dibangunpun gagal. Maka Yesus sendiri yang akan datang dalam hidup kita melalui Roh Kudus. Dalam 1 Korintus 3:16 kita adalah bait Allah. Di dalam 1 Korintus 6:19-20 kita tinggal menjadi tempat kediaman Tuhan itu sendiri.

Dan di Efesus 2:22 kita adalah tempat kediaman Allah di dalam Roh. Solusi itu ada di dalam bukan dari luar. Hadirat itu mengubah dari dalam. Hal pertama yang kita lakukan adalah masuk hadirat Tuhan. Dan selalu koreksi diri dan minta petunjuk apa untuk kita lakukan. Dari Bait Suci akan mengalir sampai ke pribadi kita.

     3. Keputusan Semua Dihadirat Tuhan (Ibrani 9:24)

Dihadirat Tuhan untuk kepentingan kita. Dihadirat Tuhan semua keputusan itu diambil. Semua keputusan diambil di hadirat Tuhan. Kita serahkan semua dihadirat Tuhan. Dalam 2 Tesalonika 1:9 diluar hadirat Tuhan adalah neraka, itu adalah masalah, problem tidak ada damai sejahtera. Kita secara pribadi menjadi tempat kediaman Tuhan, secara bersama sama menjadi tempat hadirat Tuhan.

Orang yang tahu bahwa diri kita adalah tempat kediaman Tuhan kita akan bisa menjadi pribadi yang berbeda dan tahu betul posisi hidup kita. Mari belajar tau bahwa ada kuasa hadirat Tuhan, mulai kenali hadirat Tuhan dan kenali bahwa solusi kehidupan adalah ada dihadirat Tuhan. Di Keluaran 23:15 orang yang datang dalam hadirat Tuhan adalah membawa persembahan, korban, penyerahan diri.

Dalam Habakuk 3:1-5 setelah masalah dan Covid ini pasti akan ada kemuliaan Tuhan. Di atas semuanya itu mari belajar melihat penyertaan Tuhan. Ada masalah datang mari ke kehadirat Tuhan. Dihadirat Tuhan kita dipulihkan.

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp. Pdt. Yusuf Hanny Setiawan, SE,M.B.A pada hari Minggu, 07 Februari 2021 di ibadah Online Di Bethany El Bethel Solo Baru.

Penulis : Yohana Sri Pamularsih

Comments

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button