BMNews

Gulungan Kitab Tua Ester Diserahkan kepada Perpustakaan Nasional Israel

Saat Hari Raya Purim


BeritaMujizat.com – News – Gulungan kitab tua Ester diserahkan kepada perpustakaan nasional saat perayaan hari raya Purim. Gulungan kitab tua atau yang dikenal sebagai Meggilah, adalah satu-satunya yang masih dimiliki oleh perorangan.

Saat ini bahkan telah tersedia versi cetak online yang tersedia diperputakaan yang dikenal sebagai rumah bagi koleksi teks Yudaika terbesar di dunia tersebut. Gulungan Ester berisi kisah kitab Ester dalam bahasa Ibrani dan secara tradisional dibaca di komunitas Yahudi di seluruh dunia pada festival Purim, yang akan berlangsung pada 25-28 Februari tahun ini.

Gulungan kitab tua Ester dari abad pertengahan tersebut didapat dari Michael Jesselson dan keluarganya. Keluarga Michael Jesselson telah menyerahkan beberapa dokumen kuno terhadap perpustakaan nasional Israel.

Ayah Michael yaitu Ludwig Jesselson sebelumnya juga sebagai ketua dan pendiri dewan perpustakaan nasional Israel yang terus mendukung program perpustakaan tersebut.

Hari raya Purim sendiri merupakan salah satu hari raya penting yang diperingati oleh bangsa Israel. Hari raya ini memperingati pembalikan keadaan dan lolosnya bangsa Israel dari pemusnahan massal.

Para ahli telah menentukan bahwa gulungan Ester yang baru diterima ditulis oleh seorang juru tulis di Semenanjung Iberia sekitar tahun 1465.  Kesimpulan ini didasarkan pada bukti gaya dan ilmiah, termasuk penanggalan Karbon-14 pada gulungan kitab tersebut.

Megillah ditulis dengan tinta coklat pada kulit dengan aksara Sephardic yang khas dan elegan, yang menyerupai gulungan Taurat. Gulungan kitab tua Ester ini membuktikan penggunaan ritual dari gulungan ini dalam komunitas Yahudi Iiberia sebelum mereka diusir oleh Spanyol pada abad 15.

Menurut para ahli, hanya ada sedikit gulungan kitab Ester yang masih ada dari periode abad pertengahan pada umumnya, dan dari abad ke-15 pada khususnya. Gulungan Taurat dan gulungan kitab Ester dari pra pengusiran Spanyol dan Portugal bahkan lebih langka, dengan hanya sedikit yang diketahui keberadaannya.

Menurut Dr. Yoel Finkelman, kurator Koleksi Haim dan Hanna Salomon Judaica dari Perpustakaan Nasional Israel, penambahan baru ini adalah bukti yang sangat langka tentang kekayaan budaya material orang Yahudi di Semenanjung Iiberia.

 

Penulis : Gilrandi ADP

Sumber Berita : Charismanews.com

Comments

Back to top button