Berita Gereja

Gereja Kristen Jawa Kartasura Gelar Kirab Gunungan Bentuk Ucapan Syukur


Kirab gunungan Riyoyo Unduh-Unduh GKJ Kartasura

BeritaMujizat.com – Berita Gereja – Jemaat Gereja Kristen Jawa Kartasura menyelenggarakan kegiatan Riyoyo Unduh-Unduh pada hari Minggu 5 Juni 2022 kemarin. Kegiatan diwarnai dengan kirab gunungan yang berisi tahu, sayuran, dan makanan lainnya hasil panen jemaat dan ucapan syukur atas berkat pekerjaan selama satu tahun.

Riyoyo Unduh-Unduh sendiri merupakan kegiatan yang sudah berlangsung secara turun temurun khususnya di gereja Jawa sejak sekitar 120 tahun yang lalu.

Riyoyo Unduh-Unduh bermakna ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen selama setahun. Mempersembahkan dari hasil kerja selama satu tahun penuh. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Raya Pentakosta.

Selama pandemi kegiatan ini dibatasi bahkan tidak terlaksana seperti biasanya. Tetapi tahun ini setelah pandemi mereda, Gereja Kristen Jawa (GKJ) Kartasura kembali menggelar acara Riyoyo Unduh-Unduh dengan sangat meriah. Terlihat dari antusias warga gereja yang mempersiapkan kegiatan ini.

Kegiatan diawali dengan kirab gunungan yang berisi tahu, sayur-sayuran, hasil bumi dan banyak lainnya. Gunungan besar berisi tahu persembahan dari jemaat yang merupakan pengusaha tahu.

Iring-iringan gunungan diiringi gamelan dan dimulai pukul 06.00 WIB. Puluhan jemaat terlihat mengikuti iringan dengan berjalan kali mengelilingi desa di sekitar gereja. Sambil berjalan jemaat membagi-bagikan makanan kepada warga desa yang dilalui.

Iring-iringan jemaat membawa hasil bumi dan dibagikan ke warga sekitar

Terlihat jemaat mengenakan pakaian adat Jawa dan bahkan ada yang memakai pakaian tokoh pewayangan dan bahkan ada yang memakai pakaian superhero. Jemaat yang lainnya pun juga terlihat kompak memakai pakaian batik mencerminkan wong jowo.

Setelah kirab selesai, kegiatan dilanjutkan dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Ponco Widiarso, S.Si. Ibadah ini mengambil tema Dipimpin oleh Roh.

Comments

Related Articles

Back to top button