Pendidikan

Dengan Kesederhanaan, MBI Tabur Spirit Gemar Belajar di RB Bibis Luhur


Suasana Belajar Mengajar di Rumah Belajar Bibis Luhur. (Sumber: Henrik Toatubun)

BeritaMujizat.com – Pendidikan – Mendidik Bagi Indonesia (MBI) kembali tabur spirit gemar belajar di Rumah Belajar (RB) Bibis Luhur, Desa Bibis Luhur, Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (20/1/2022) sore.

Kegiatan rutin mingguan itu dibuka dengan ice breaking, kemudian dilanjutkan dengan proses belajar mengajar.

Untuk edisi ini, anak-anak yang didominasi jenjang Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar itu diajarkan teknik menulis, membaca dan menghitung secara kreatif oleh para relawan MBI.

Proses belajar mengajar. (Sumber:Henrik Toatubun)

Sekalipun di tengah cuaca yang kurang bersahabat (hujan deras), anak-anak tetap punya antusias untuk belajar.

Kordinator RB Bibis Luhur Elysabet Kristanti mengaku, sekalipun hujan deras, semangat anak-anak tidak patah, walaupun beberapa teman mereka tidak datang.

“Biasanya RB mulainya jam empat, tapi mereka udah datang sebelum jamnya, sekalipun hari ini hujan, dan atap rumah belajar ada yang bocor, tapi anak-anak sangat antusias,” ungkap wanita yang kerap disapa Ely itu.

Ely yang juga adalah tenaga pengajar di Sekolah Nusantara Baru (SNB) itu mengatakan, dia sempat kuatir dengan kondisi tempat yang digunakan sebagai RB itu karena beberapa bagian atapnya ada yang bocor. Namun ternyata, anak-anak yang datang bisa menyesuaikan dengan baik sampai pelajaran selesai.

Elysabet berharap, kedepannya semoga semakin banyak anak-anak di sekitar wilayah Bibis Luhur dapat bergabung di RB, agar spirit gemar belajar terus tersebar luas. Sehingga anak-anak dapat mengerti panggilan hidup mereka sejak dini.

Dari pantauan BeritaMujizat.com, anak-anak belajar dengan semangat dan tenang sekalipun beralaskan tikar di atas tanah, dan sesekali harus kena butiran hujan karena atap yang bocor.

Anak-anak didampingi langsung oleh delapan relawan MBI, yakni Elysabet Kristanti, Priscilia D Chintiawati, Henrik I Toatubun, Yemima Dityani Purba, Dyotachayu S Purnomo, Dini N Saputri, Desynta K Putri, dan Anang.

Kegiatan rumah belajar berlangsung dari pukul 16.00 WIB hingga pukul 17.00.

Sebagai informasi, Rumah Belajar Bibis Luhur berdiri 21 Oktober 2021 di tengah pandemi covid-19. Awal berdiri, RB Bibis Luhur punya 15 anak didik hingga sekarang. RB Bibis Luhur untuk sementara masih menggunakan teras rumah kordinator, Elysabet Kristanti.

Rumah Belajar yang dibentuk MBI itu bertujuan untuk menggerakkan anak-anak agar gemar belajar, menemukan potensi mereka dan mengembangkannya, serta menjadi jembatan untuk menggapai cita-cita mereka.

 

 

 

 

Comments

Related Articles

Back to top button