Pesan Mimbar

Christianos


CHRISTIANOS

KISAH PARA RASUL 11:26

 

BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Dalam keadaan tersulit apapun Tuhan sanggup bekerja dan memunculkan yang baru. Diharapkan kita memiliki pikiran yang sehat di masa pandemik ini. Sehingga kita bisa melihat hal yang baru yang sedang dan sudah Tuhan siapkan. Sebagai pengikut Kristus, kita harus selalu mengerti bagian kita sehingga kita layak disebut Kristianos.

Dalam Kisah Para Rasul 11:26-28 berbicara tentang Saulus mengajar jemaat di Anthiokia. Pertama kalinyalah jemaat saat itu disebut Kristen. Apa yang terjadi Paulus dan jemaat di Anthiokia? Kisah Para Rasul 11:19 berbicara tentang Anthiokia yang berada di Siria pertama kali di kenali orang kristen. Jadi semua yang diucapkan itu mirip Yesus. Dan mereka dikenali sebagai pengikut Kristus.

 

Kristianos

     1. Sebutan Pertama Bagi Orang Kristen Adalah Kristianos 

Sebutan orang luar bagi pengikut Kristus yang memiliki gaya hidup kerajaan. Kehidupan mereka setiap hari sebagai jemaat mula-mula seperti di Kisah Para Rasul 2:41-47. Dan mereka inilah disebut Kristianos yaitu pengikut Kristus. Mereka disebut Kristianos karena mereka punya gaya hidup kerajaan. Apa yang dilakukan adalah seperti apa yang Yesus lakukan dan hidup mereka seperti yang Tuhan mau. Hanya 1 saja yang dilakukan seperti yang Yesus lakukan yaitu memberitakan firman, mengajar, dan menyembuhkan orang sakit. Dalam 1 Petrus 2:12 perbuatan baik kita adalah tanda supaya kita dikenali sebagai pengikut Kristus. Dan semua yang dilakukan itu dapat membantu orang lain. Bagian kita adalah selalu berbuat baik ke semua orang.

 

     2. Kristianos Adalah Orang Yang Secara Sukarela Dan Diproses Serta Menjadi Penjala Manusia

Kehidupan kita kiranya seperti Yesus yaitu memenangkan dan membawa orang untuk mendapat keselamatan. Dalam hidup kita, kiranya kita menjadi pelayan yang Kristianos. Karena Hati Tuhan adalah agar semua diselamatkan. Dalam Matius 4:19 (TB) Yesus berkata kepada mereka: “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” Ini berarti bahwa Kristianos adalah orang yang kehidupannya memikirkan keselamatan orang lain.

Kalimat “mari” di Matius 4:19 adalah kalimat undangan Tuhan Yesus dan tidak ada unsur paksaan. Ikut Tuhan tidak boleh ada paksaan tetapi sebuah kerelaan. Kita bukan ikut pendeta atau yang lain tapi kita adalah pengikut Tuhan. Kata “Mari” bicara sukarela ikut Tuhan selalu senang. Ikut Kristus karena cinta Yesus bagi kita dan semua karena kasih Yesus.

Terus jaga rasa kasih dan cinta kita kepada Yesus. Perjumpaan dengan Yesus merubah segalanya. Pertobatan kita membawa perubahan dalam hidup menjadi pengikut Kristus yaitu sebagai penjala manusia. Sebutan untuk pengikut Kristus, sukarela dalam mengikut Yesus.

Sedangkan kata “Ikutlah Aku” berarti bahwa dalam kita mengikut Kristus Tuhan, maka Dia yang akan memproses kita. Dia yang akan menjadikan kita sebagai penjala kita.

 

     3. Kristianos Adalah Orang Seperti Paulus Yang Dikenali

Kristianos adalah panggilan bagi kita yang kehidupannya seperti kehidupan Paulus yang siap mati untuk Tuhan. Dalam 1 Petrus 4:16 Kristianos dipakai dalam kata penderitaan. Menjadi kristen harus siap untuk mati dan di kejar-kejar orang. Siap untuk menderita dan mengalami proses yang besar. Jadi orang kristen yang pilihannya hanya Kristus dan tidak ada yang lain.

Panggilan menjadi Kristianos karena Tuhanlah yang memanggil kita. Tuhan ingin menolong kita tapi sering kali kita seenaknya sendiri. Dan ini membuat kita tidak bisa full menjadi seorang pengikut Kristus. Dibutuhkan hati yang rela dan siap dibentuk serta di proses pada akhinya kita siap melayani Tuhan dan setiap pekerjaan-pekerjaan yang Dia tugaskan kepada sebagai seorang Kristianos yaitu pengikut Kristus.

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp. Pdt. Yusuf Hanny Setiawan,S.E,M.B.A pada di hari Minggu Sore, 25 April 2021 di ibadah Sore Di Bethany El Bethel Solo Baru.

Comments

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button