Pesan Mimbar

Taman Tuhan


TAMAN TUHAN

YESAYA 51:3

 

BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Alkitab banyak menceritakan bangsa Israel dan menjadi sejarah yang tidak mungkin dipisahkan dalam kehidupan kita. Orang Israel itu sebagai contoh bagi kehidupan kita seperti yang tertulis di perjanjian baru. Sion adalah tempat khusus bagi Israel yang dekat dengan Yerusalem. Seluruh pusat pemerintahan berada di Sion. Sion bukan hanya tempat doa tetapi menjadi pusat pemerintahan. Betapa pentingnya kota Sion bagi bangsa Israel. Dan Tuhan sendiri yang akan memulihkan Sion.

Israel punya 2 kali waktu bait suci yang sudah di hancurkan dan seluruh Yerusalem menjadi reruntuhan. Meskipun demikian, Tuhanlah yang menghibur Sion. Orang Israel menjadi tolak ukur untuk kita melihat pemulihan itu terjadi karena kita adalah Israel rohani. Apa yang dialami oleh orang Israel maka akan kita alami. Jadi kita hadir untuk diberkati supaya bangsa Israel itu kembali kepada Tuhan. Maunya Tuhan untuk Israel adalah maunya Tuhan untuk hidup kita. Maka Dia ingin memulihkan kita seperti Dia ingin memulihkan bangsa Israel.

     1. Pemulihan

Padang gurun menjadi tempat yang tidak enak tetapi sebuah taman itu menjadi tempat yang enak. Apapun yang terjadi atas bangsa Israel akan selalu kembali kepada Tuhan. Karena ada janji Tuhan untuk Israel. Hidup kita dijanjikan Tuhan dalam janji pemulihan Tuhan atas bangsa Israel. Kisah Para Rasul 3:21 selama proses Tuhan naik ke surga dan Roh Kudus turun dan ada sampai sekarang menjadi bagian dalam agenda pemulihan Tuhan atas umatnya.

Tuhan tidak akan tinggal diam sebelum pemulihan Israel itu terjadi. Pemulihan adalah agenda Tuhan sendiri. Karena ketika kita dipulihkan maka Israel akan melihat dan mengalami pemulihan karena Israel adalah milik pusaka Tuhan. Setiap kita punya janji untuk dipulihkan. Dan Pemulihan itu terjadi dari padang gurun menjadi taman Tuhan. Dari kekeringan menjadi taman yang segar dan penuh oleh berkat Tuhan dan pemulihan Tuhan.

Dalam Kejadian 13:8-10 di dalam Lembah Yordan, justru Lot melihat seperti taman Tuhan. Kata seperti itu berarti bukan Taman Tuhan karena Sungai Yordan adalah sungai kematian. Mungkin kita mendapat sesuatu yang diberkati tetapi kenyataannya adalah bukan taman Tuhan dan bukan berkat Tuhan. Pemulihan berarti kita dikembalikan seperti semula seperti yang tujuan awal yang Tuhan berikan. Hidup kita kembali kedesign awal dan rancangan Allah yang mula-mula.

Ketika kita sendiri, Tuhan memanggil hidup kita untuk diberkati. Seperti ketika Dia memanggil Yakub ketika sendiri. Proyek pemulihan Tuhan adalah bagian kita. Mazmur 40:7-8 kita lahir dan dihadapan Tuhan ada tulisan dalam kehidupan kita itulah yang disebut destiny. Semua dari kita punya hak diberkati dan punya hak untuk membuka gulungan kitab Tuhan dan untuk memanggil nama Tuhan.

Jangan memilih sesuatu yang terlihat seperti taman Tuhan tapi nyatanya bukan taman Tuhan. Tetapi pilihlah taman Tuhan sendiri. Pilihlah destiny yang Tuhan mau. Untuk waktu seperti inilah Tuhan yang akan memulihkan hidup kita supaya Israel dipulihkan. Kita hidup dalam rencana dan pemulihan Tuhan. Hiduplah dalam agenda pemulihan Tuhan.

Juga jangan hidup di tempat yang sepertinya taman Tuhan tetapi ternyata bukan taman Tuhan. Dalam keadaan sekarang ini, Covid-19 boleh ada, masalah boleh ada tapi janji Tuhan tetap selamanya. Kembali kepada panggilan awal utama. Dan Tuhan ingin kita dipulihkan Tuhan. Tuhan ingin memulihkan seluruhnya. Tuhan kejar Israel supaya Sion dipulihkan. Dan Tuhan selalu mengejar hidup kita.

Dalam Ayub 42:10 Tuhan memulihkan keadaan Ayub menjadi 2 kali lipat. Setiap pemulihan hidup kita akan membawa kepada jiwa-jiwa untuk di selamatkan. Hidup Ayub yang sudah di pulihkan membawa keselamatan bagi teman-temannya. Setiap kesaksian dari pemulihan hidup kita akan membawa kepada orang lain untuk diberkati. Dalam Yoel 2:25 Tuhan adalah Yehova yang akan memulihkan hidup kita.

     2. Pengharapan

Kita adalah milik Yesus Kristus dan di dalam Yesus Kristus ada pengharapan. Dalam Roma 5:2-5 pengharapan itu tidak mengecewakan dan sauh yang kuat bagi jiwa kita. Semua yang diputuskan Tuhan, dibutuhkan waktu supaya hal itu terjadi. Tetapi kita yang punya pengharapan, maka di spiritual itu sudah terjadi, tinggal hidup kita dengan iman percaya walau belum melihatnya karena iman itu menjadi dasar dan bukti. Dari perjalanan dasar dan bukti membawa kepada pertobatan.

     3. Pertobatan

Dari padang gurun menjadi taman Tuhan membutuhkan yang namanya proses. Dan bukan proses yang panjang apalagi mudah. Dalam Ulangan 30:1-3 janji pemulihan terjadi setelah kita berbalik dari jalan kita kepada jalanNya Tuhan. Proses pemulihan dan diberkati Tuhan, maka harus hidup kita hidup dalam pertobatan. Memiliki gaya hidup pertobatan setiap hari dan menyakini bahwa semua adalah oleh kemurahan Tuhan untuk kita bisa hidup dalam pertobatan di dalam Tuhan.

Dimulai dari hidup yang berbalik dari hidup yang salah menjadi benar. Ini waktunya berbalik dan mengerjakan lebih lagi apa yang bisa kita lakukan dibanding waktu-waktu lalu. Dalam 2 Tawarikh 7:13-16 ada proses dan pesan pertobatan yang perlu kita hidupi. Bahwa dari tempat ini Tuhan mendengar dan menjawab apa yang didengarkan dan dipanjatkan di rumah ini. Karena dari tempat ini, mata Tuhan dan hatiNya ada di sini dan melihat setiap hidup kita, sang anak-anakNya. Dari tempat ini menjadi rumah doa dan pujian penyembahan itu dinaikkan. Dan pada Tuhan akan memulihkan keadaaan kita seperti Dia akan memulihkan bangsa Israel.

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp. Pdt. Yusuf Hanny Setiawan,S.E,M.B.A pada di hari Minggu Sore, 20 Juni 2021 di ibadah Online Di Bethany El Bethel Solo Baru.

Comments

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button