Internasional

Singapura Akan Buka Kedutaan Besar di Israel untuk Pertama Kali


Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid (kanan) bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan (kiri) dalam sebuah pertemuan di Yerusalem (21/3/2022). (Sumber: i24News)

BeritaMujizat.com – Internasional – Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan mengumumkan bahwa negaranya akan membuka kedutaan besar di Israel untuk pertama kalinya sejak menjalin hubungan pada tahun 1965.

Hal tersebut disampaikan Vivian dalam sebuah pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid di Yerusalem, Senin (31/3/2022) seperti diberitakan The Times of Israel.

Kedutaan Besar Singapura didirikan di Tel Aviv sebagai titik fokus untuk mendukung perusahaan Singapura yang ingin memperluas kolaborasi dengan mitra potensial Israel.

“Saya menyambut baik keputusan pemerintah Singapura untuk membuka kedutaan besar di Israel untuk pertama kalinya sejak terjalinnya hubungan. Ini merupakan bukti lain dari hubungan baik dan unik antar negara,” kata Lapid.

Kedua negara telah memiliki hubungan diplomatik sejak tahun 1965, dan sejak itu telah mengembangkan hubungan keamanan dan bisnis yang erat.

Melansir infobae.com, meskipun Israel telah membuka kedutaannya di Singapura pada tahun 1968, Singapura tidak pernah melakukan hal yang sama di wilayah Israel, dimana hingga saat ini Singapura hanya memiliki satu konsulat kehormatan yang terletak di kota Tel Aviv.

Hubungan antara kedua negara telah ditandai dengan kerjasama perdagangan dan keamanan, dengan Singapura menjadi pelanggan utama industri senjata Israel. Menurut laporan media lokal, Singapura adalah negara terbesar kedua di Asia dalam hal impor dari Israel setelah India.

Comments

Related Articles

Back to top button