BMNewsPendidikan

Serunya “Jurnalis Cilik” INN Group di Sekolah Nusantara Baru, Bijak dan Cerdas di Era Digital


BeritaMujizat.com – BMNews – Imadeo News Network (INN) Group hadir dengan program “Jurnalis Cilik” yang akan digencarkan ke sekolah-sekolah dan komunitas anak-anak untuk mempersiapkan bibit-bibit unggul di dunia jurnalistik masa kini sejak dini.

Kali ini, Jurnalis Cilik hadir di Sekolah Nusantara Baru (SNB) di Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat, 14 Oktober 2022 pagi.

Jurnalis Cilik hadir tidak hanya untuk mempersiapkan bibit-bibit unggul di dunia jurnalistik masa kini, tetapi juga merangsang anak-anak agar bijak dan cerdas di era digital, serta tanggap menanggapi isu-isu hoaks maupun ujaran kebencian.

Selain itu, Jurnalis Cilik hadir untuk melatih anak-anak agar menjaga lisan atau narasi dalam bermedia sosial, serta bisa menciptakan narasi-narasi positif untuk sebuah perubahan.

Kelas Jurnalis Cilik di SNB diikuti siswa-siswa jenjang SD, SMP, dan SMA dengan penuh antusias.

Kelas tersebut dibuka dengan ice breaking, kemudian materi dan sharing oleh tim INN Group.

Anak-anak dikenalkan dengan dunia menulis secara umum, jurnalistik, hingga bijak menggunakan media sosial dan anti terhadap hoaks atau kabar bohong.

Usai menerima materi Jurnalistik, anak-anak pun ditantang untuk menulis. Dalam waktu 35 menit mereka berhasil mengumpulkan tulisan-tulisan seputar keseharian mereka sesuai kriteria penulisan yang diberikan.

“Awalnya emang gak terlalu suka sama dunia menulis, tapi pas tahu senjata menulis itu apa dan dampak dari menulis, aku jadi suka menulis dan pengen belajar terus,” ucap salah satu siswa SNB, Suzhet.

“Seru banget kak, ada banyak hal baru yang kita dapat. Ternyata membaca itu sangat penting, karena dapat banyak info dan buat kita mudah untuk menulis karena dapat banyak kosa kata,” ucap Aldi.

Siswa yang lain pun mengaku merasa senang dan menyebut Jurnalis Cilik sangat menyenangkan dan memperkenalkan hal-hal baru bagi mereka.

“Ternyata ga boleh yah nulis sembarang di Facebook, nanti bisa ditangkap,” ucap Lala.

“Mau lagi, semoga Jurnalis Cilik dari INN bisa ulang lagi di sekolah kami,” tambah Soni.

Sementara itu, pihak SNB juga menyambut baik kehadiran Jurnalis Cilik di sekolah mereka.

“Merasa senang dan terberkati dengan adanya INN Group road to school Jurnalis cilik ini. karena anak-anak bisa belajar hal baru tentang jurnalistik,” ucap Elysabet Kristanti, guru SNB yang mendampingi.

Elysabet berharap, kedepannya INN Group bisa membuat kegiatan serupa dengan tema yang berbeda.

“Agar banyak anak-anak mulai suka dengan jurnalistik,” pungkasnya.

Nantikan Jurnalis Cilik di sekolah dan komunitasmu yah…

Sponsored by:

 

Comments

Related Articles

Back to top button