Pesan Mimbar

Perjanjian Ilahi Membuat Kita Melihat Berkat Tuhan yang Baru


BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Semua manusia yang percaya kepada Tuhan, pasti hidupnya sudah ada Roh Kudus. Dan Karya Roh Kudus membuat manusia dapat mengaku Yesus adalah Tuhan.

Ketika kita percaya kepada Tuhan maka hidup kita diciptakan menjadi manusia baru. Bahkan seperti bayi yang baru lahir, di situ sudah ada sebuah kehidupan.

Keselamatan itu ada karena Roh Kudus yang berkarya atas hidup kita. Sejak awal keselamatan kita adalah karya Roh Kudus.

Sekarang tentang karunia-karunia Roh. Aku mau, saudara-saudara, supaya kamu mengetahui kebenarannya. Kamu tahu, bahwa pada waktu kamu masih belum mengenal Allah, kamu tanpa berpikir ditarik kepada berhala-berhala yang bisu. Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: “Terkutuklah Yesus! ” dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: “Yesus adalah Tuhan”, selain oleh Roh Kudus. 1 Korintus 12:1-3 TB.

Pilihan kehidupan untuk percaya itu bukan sesuatu yang menarik tetapi itu sebuah keputusan untuk percaya. Akan ada satu suara yang membimbing hidup kita. Dan itu adalah suara Roh Kudus.

Semua keputusan dan pilihan hidup kita adalah karya Roh Kudus. Hal ini dapat dilakukan semua orang bukan hanya untuk pendeta atau aktifis gereja.

Hidup kita itu istimewa karena hidup kita adalah karya Roh Kudus. Ketika kita melihat Roh Kudus maka kita melihat Yesus.

Dalam Yohanes 14:19 hidup kita percaya kepada Allah Tri Tunggal. Yesus adalah Tuhan dan itu sebuah karya Roh Kudus ketika bisa mengaku dengan mulut kita dan percaya dengan hati kita.

Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamupun akan hidup. Yohanes 14:19 TB.

Anak-anak Tuhan seharusnya kita mengerti bahwa ada misteri kehidupan yaitu ada karya Roh Kudus atas hidup orang percaya. Hidup kita bisa mendengar suara Roh Kudus, tapi memang ada orang-orang tertentu yang bisa mendapat sesuatu yang lebih. Karunia khusus itu untuk melakakukan sebuah misi dan pekerjaan khusus dari Tuhan.

Dan kita percaya bahwa semua dapat mendengar suara Tuhan. Kita percaya bahwa Yesus adalah Tuhan berarti kita sudah mendengar suara Roh Kudus. Hanya oleh Roh Kudus yang bisa membuat kita mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan.

Bapa, Yesus dan Roh Kudus adalah bersama-sama dan bekerja sama menjadi satu kesatuan. Kita memperkenalkan karya Roh Kudus diatas kayu salib. Dalam Kisah Para Rasul 1:4 Roh Kudus adalah janji Bapa yang diberikan pada kita.

Dengan Roh Kudus kita akan bekerja bersama-sama. Allah Bapa, Yesus dan Roh Kudus bekerja bersama-sama. Ijinkan Yesus membaptis kita dalam Roh Kudus supaya kita bisa tinggal dengan Roh Kudus (Kisah Para Rasul 1:8).

Dalam Kisah Para Rasul 19:2 ternyata percaya terlebih dahulu baru kita bisa menerima Roh Kudus. Dengan dibaptis oleh Roh Kudus mereka akan bisa berkata dan fokus hidup dalam Roh Kudus.

Dan orang yang dibaptis Roh Kudus maka akan memiliki otoritas. Ketika hidup kita dibaptis oleh Roh Kudus maka Roh Kudus akan tinggal dalam hidup kita dan memberikan kuasa otoritas atas hidup kita. Jadi setiap kita perlu belajar mendengar dan dipimpin oleh Roh Kudus.

Perjanjian Ilahi adalah :

1. Status Legal

Hidup kita dimulai dari perjanjian. Hidup kita ada perjanjian dengan Tuhan. Hidup kita ada status Ilahi dan ada perjanjian Ilahi yang mengikat hidup kita.

Perjanjian dengan Kristus itu tidak menjamin kita bisa berjanji untuk gereja lokal bahkan dengan sesama kita. Meskipun hidup kita biasa saja ketika ada Roh Kudus maka hidup kita berbeda.

Ketika kita penuh oleh Roh Kudus maka kita tinggal di dalam Roh Kudus dan kita tinggal bersama-sama dengan Roh Kudus. Ketika kita membangun perjanjian kita dengan Kristus maka kita akan bisa berjalan bersama-sama (Amsal 3:3).

Roh Kudus adalah partner hidup kita yang akan membimbing kita supaya bisa berjalan bersama-sama. Perjanjian dalam sejarah Alkitab itu seperti Nuh yang berjanji ketika masuk dalam bahtera. Oleh sebab itu kita perlu ada covenant dengan Tuhan dan Tuhan akan selalu mengingatkan kita akan perjanjianNya dengan kita

2. Perjanjian itu berlaku 2 orang

Kita harus berani berjanji dan bernazar adalah mau berjanji berdua berjalan. Cerita yang lain lagi seperti dalam kisah Naomi dan Rut. Dalam Rut 1:16 Rut membuat perjanjian dengan Naomi. Dalam Rut 4:14 Rut membuat covenant dengan Naomi.

Semua dimulai dari covenant. Dimulai dari sepakat untuk berjalan bersama-sama. Dimulai dari keluarga yang sepakat mau berjalan bersama sama. Ketika dua orang covenant maka akan bisa berjalan bersama sama.

3. Perjanjian adalah dasar

Ini adalah sebuah keputusan dan semua dimulai dari covenant. Hati harus terkoneksi maka jalan raya itu akan terbangun. Setiap kita punya cerita dan akan mengikat satu sama lain dalam sebuah keluarga.

Perjanjian yang utama adalah janji kita kepada Tuhan dan sesama. Setiap kita punya tugas dan misi. Dan kita akan terus berlomba-lomba untuk mengerjakannya dan menyelesaikannya. Dimulai dari hidup kita yang mau memilih untuk covenant. Maka kita akan melihat berkat Tuhan yang baru.

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp. Pdt. Yusuf Hanny Setiawan, S.E, M.B.A di ibadah pagi Minggu, 2 Oktober 2022 di graha El Bethel Church Solo Baru.

 

Comments

Related Articles

Back to top button