Renungan

Sauh yang Kuat


BeritaMujizat – Renungan – Sebuah kapal yang hendak berlabuh di tengah laut, pasti menggunakan sauh atau jangkar untuk diturunkan ke dasar laut. Sauh akan membuat kapal tidak hanyut terbawa gelombang laut dan tetap pada posisinya.

Demikian halnya dengan harapan. Harapan adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian akan berbuah kebaikan di waktu yang akan datang.

Seseorang dapat menjadi kecewa karena realitas tidak sesuai dengan harapan, namun demikian, berbeda dengan harapan di dalam Tuhan. Ketika kita meletakkan harapan di dalam Tuhan, maka harapan tersebut tidak akan mengecewakan.

Hari ini kita akan merenungkan, mengapa harapan anak Tuhan terkadang tidak tercapai?

  1. Berharap kepada manusia / dunia

Dalam kitab Yeremia 17:5 dikatakan: Beginilah firman TUHAN: “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!. Firman Tuhan jelas menjelaskan, bahwa terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, termasuk mengandalkan kekuatannya sendiri.

Bahkan didalam kitab Yesaya ( Yesaya 31 : 1) dikatakan bahwa: celakalah orang-orang yang pergi ke Mesir minta ppertolongan mengandalkan kuda-kuda, percaya kepada Mesir yang begitu banyak, dan kepada pasukan berkuda yang begitu besar jumlahnya (berharap kepada kekuatan dunia), tetapi tidak memandang kepada Yang Mahakudus, Allah Israel, dan tidak mencari Tuhan. Mesir pada waktu itu menggambarkan kekuatan dunia yang sangat luar biasa, tetapi Tuhan tegas mengatakan jangan mengandalkan Mesir!

  1. Salah Berharap

Yakobus 4:3 menuliskan: Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.

Harapan kita akan mengecawakan, ketika motivasi harapan kita untuk memuaskan nafsu kita, bukan karena kehendak Tuhan. Harapan didalam Tuhan tidak akan mengecewakan dan dasarnya adalah kehendak Tuhan didalam kehidupan kita melalui kuasa Roh Kudus

Seperti yang tertulis dalam Roma 5:5: Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

Dalam hidup kita, seringkali kita tidak memahami apa yang jadi rencana dan kehendak Tuhan dalam hidup kita. Namun percayalah, bahwa Allah tidak pernah mengingkari janji-Nya, bahwa IA akan selalu turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan dalam hidup kita, yang IA cari ialah hati yang mau taat dan setia pada rencana dan kehendak-Nya.

Allah tidak mencari orang yang cerdas, orang yang sepenuhnya mengerti rencana-Nya. Namun Allah mencari orang yang mau taat pada setiap perintah dan kehendak-Nya. Maka ketaatan demi ketaatan tersebut akan membawa kita pada rencana Allah yang mulia dan luar biasa. Hingga sampai satu titik kita akan mengerti keseluruhan dari rencana dan kehendak Allah dan menjadi pemenang iman di dalam- Nya.

PERENUNGAN

  1. Apakah kita memiliki harapan yang tidak tercapai sampai hari ini?
  2. Setelah merenungkan firman Tuhan hari ini, apakah harapan kita sudah sesuai dengan kehendak

Tuhan? Jika tidak, langkah apa yang akan kita ambil?

DOA

“Tuhan, ampuni kami jika sampai hari ini masih ada harapan kami yang tidak seturut dengan kehendak-Mu. Kami mau meletakkan pengharapan kami hanya kepada-Mu. Ajari kami percaya bahwa Engkau selalu turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi kami. Terimakasih Tuhan, dalam nama-Mu kami berdoa. Amen.”

Comments

Related Articles

Back to top button