El-BethelRenunganRenungan Harian

Proses Menuju Kemenangan


BeritaMujizat.com – Renungan – Hampir semua orang Kristen mengetahui nama nabi Elia, cerita yang paling popular dari nabi Elia adalah kisahnya mengalahkan 450 nabi baal dan proses pengangkatannya ke surga.

“Pergilah dari sini, berjalanlah ke timur dan bersembunyilah di tepi sungai Kerit di sebelah timur sungai
Yordan.” 1 Raja-Raja 17:3

Namun jarang orang mengetahui kisah nabi Elia di tepi sungai Kerit. Pada perikop yang kita baca hari ini menceritakan bagaimana nabi Elia menubuati raja Ahab kemudian dia diminta Tuhan untuk bersembunyi di tepi sungai Kerit. Mengapa Tuhan memerintahkan nabi Elia untuk bersembunyi? Mari kita merenungkan bersama.

1. Peneguhan Sebagai seorang manusia tentunya mempunyai kebutuhan primer yaitu sandang, papan dan pangan. Apa yang dilakukan nabi Elia adalah suatu tantangan dimana dia tidak tahu akan tinggal dimana karena daerah itu adalah sungai.

Namun nabi Elia memilih taat akan perintah Tuhan dan bahkan di ayat yang ke 5 dikatakan nabi Elia DIAM di sana. Namun kita bisa melihat karena ketaatan nabi Elia, dia mengalami mujizat pemeliharaan Tuhan di tepi sungai Kerit. Jadi perintah Tuhan kepada nabi Elia ini untuk meneguhkan iman dari nabi Elia bahwa Tuhan yang akan memelihara hidupnya kemanapun Tuhan perintahkan.

2. Melatih iman nabi Elia Sebelum nabi Elia dipakai Tuhan untuk membuat suatu kisah yang luar biasa di jamannya, Tuhan melatih iman nabi Elia di tepi sungai Kerit. Pada perikop ini nabi Elia belum mengetahui kalau dia akan melawan nabi baal.

Bayangkan kalau pada waktu ini nabi Elia memilih untuk tidak taat pergi ke tepi sungai Kerit, mungkin dia tidak akan melihat pemeliharaan Tuhan dan mungkin imannya juga tidak akan cukup kuat untuk melawan 450 nabi baal.

Di sungai Kerit adalah tempat dimana Tuhan dan nabi Elia mengukir pengalaman spiritual yang dalam, sehingga membawa nabi Elia mempunyai iman yang teguh untuk menghadapi banyak hal dalam hidupnya, sampai dia terangkat ke surga.

Dan dari kisah ini tentunya Tuhan juga mendorong kita untuk taat akan perintah Tuhan, jangan sepelekan setiap proses yang Tuhan berikan dalam hidup kita karena itu letak kemenangan hidup kita.

PERENUNGAN :
Apakah kita mau menerima proses yang dari Tuhan dengan tetap taat dan setia?

DOA “Bapa, terimakasih untuk firman-Mu hari ini. Ajari kami untuk taat dan setia dalam setiap proses yang Engkau ijinkan terjadi dalam hidup kami dan ajari kami melihat maksud dari setiap proses itu. Biar semakin hari hidup kami semakin seturut kehendak-Mu. Dalam nama Yesus kami berdoa, amin.”

Sumber : Renungan El Bethel

Penulis : Ami

Comments

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button