Internasional

Pertama di Asia Tenggara, Thailand Legalkan Ganja, Ini Alasannya


Tanaman Ganja.(Sumber: Hello Sehat)

BeritaMujizat.com – Internasional – Baru-baru ini, Dewan Narkotika Thailand menghapus ganja dari daftar obat-obatan terlarang. Thailand menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang melegalkan ganja untuk penggunaan medis dan penelitian.

Sebelumnya, negara bertajuk Gajah Putih itu telah mengizinkan ganja untuk medis dan riset pada 2018 lalu. Selama kurang lebih empat tahun setelah kebijakan tersebut, aturan baru di Thailand terkait penggunaan ganja diubah.

Warga Thailand pun diizinkan mengonsumsi ganja hingga menanamnya di rumah, tetapi harus memberitahu pemerintah daerah masing-masing.

Dikutip dari CNN, aturan baru itu mulai berlaku efektif 120 hari, setelah draf hukum soal penggunaan ganja dipublikasikan secara resmi di laman Royal Gazette dalam waktu dekat.

Namun, Menteri Kesehatan Anutin Charnvirakul mewanti-wanti tanaman ganja tetap tidak dapat digunakan untuk tujuan komersial tanpa izin.

Kementerian Kesehatan Thailand pekan ini akan mengajukan draf undang-undang kepada parlemen soal perincian penggunaan ganja, termasuk produksi dan penggunaan komersial.

Dikutip Reuters, RUU itu akan mencakup hukuman denda 200 ribu baht bagi warga yang menanam ganja tanpa memberitahu pemerintah setempat, dan hukuman 3 tahun penjara dan/atau denda hingga 300 ribu baht (Rp130 juta) bagi setiap warga yang ketahuan menjual ganja tanpa izin.

Langkah teranyar Thailand ini dimaksudkan untuk mempromosikan ganja sebagai tanaman komersial yang dapat dibudidayakan.

Menurut Bank Dunia, sepertiga tenaga kerja di Thailand bekerja dalam bidang pertanian.

Comments

Related Articles

Back to top button