PENJAGA ISRAEL

MAZMUR 121:1-4

BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Kehidupan perjalanan bangsa Israel tak akan pernah bisa lepas dari penyertaan dan penjagaan dari Allah Israel yang sungguh sangat mengasihi bangsa Israel. Meskipun bangsa Israel sangat tegar tengkuk, tapi Allah tak pernah sekalipun membiarkan bangsa Israel berjalan sendiri. Hidup kita adalah hidup yang dicangkokkan dengan bangsa Israel secara rohani.

Perjalanan Israel selalu menghadap Tuhan di atas gunung. Hal ini berarti bahwa Tuhan memiliki otoritas yang besar. Tuhan ada di gunung berarti, kita sedang menghadap Tuhan dalam pemerintahanNya. Dalam perjalanan bangsa Israel menghadapai banyak guncangan, begitu juga dengan hidup manusia yang sudah penuh dengan dosa akan selalu penuh dengan guncangan hidup. Tetapi kita harus tau, bahwa pertolongan kita datangnya hanya dari pada Tuhan saja.

Jangan pernah takut, karena kita punya penjaga Israel, penjaga hidup kita yang tidak pernah tidur terlelap setia menjaga hidup kita. Tuhan sangat mengerti dan memelihara hidup tanpa Dia terlelap tidur. Pertolongan kita adalah Tuhan Allah Israel yang menjamin kehidupan dan pemilik hidup kita.

 

Penjaga Israel :

     1. Jaminan Tuhan ( Kejadian 17:9-10)

Sesungguhnya Tuhan sudah menjamin hidup kita. Dia memberikan Roh Kudus unntuk menjamin kehidupan kita. Di jaman perjanjian lamapun, Tuhan sendiri yang sudah menjamin kehidupan bangsa Israel. Tak pernah lepas dalam pengamatan Tuhan serta kendali Tuhan.

Dalam setiap perjalanan bangsa Israel melalui waktu demi waktu, melewati tempat demi tempat, bangsa Israel berziarah dan mereka selalu diingatkan akan janji-janji Tuhan bahwa Allahlah sebagai penjaga Israel.

Dalam Ulangan 16:16 mengingatkan kita bahwa ada perlindungan Tuhan ketika bangsa Israel menghadap hadirat Tuhan. Ketika menghadap Tuhan, maka Tuhan sendiri yang akan menyediakan janji-janji Tuhan, berkat-berkat, penyertaan dan kekuatan Tuhan.

Bahwa ketika ada kawanan yang ingin menyerang bangsa Israel, Tuhan selalu menjaga bangsa Israel. Begitu juga dengan kehidupan kita, bahkan sampai ada orang yang tidak menyukai kita dan menyerang hidup kita, dia sanggup menjaga kita. Dia adalah Yehova Shamar, karena Tuhanlah yang menjamin seluruh kehidupan kita. Tuhan ingin supaya kita menjaga perjanjian yang sudah Tuhan berikan.

Karena pada akhirnya, Tuhan selalu ingin menyatakan kebaikanNya, penyertaanNya dan penjagaanNya atas hidup manusia. Kita adalah manusia yang lemah, yang harus selalu di ingatkan tentang janji-janji Tuhan. Diingatkan atas setiap rencana masa depan yang Bapa sediakan bagi setiap kita.

2 Raja 19:34 Tuhan akan memagari keluarga, pribadi, bangsa karena Tuhan yang berinisiatif atas hidup kita. Oleh sebab itu kita perlu meminta kepada Tuhan, supaya Dia selalu menambahkan iman percaya kita sehingga apa yang sudah Dia janjikan dan berikan benar-benar kita terima. Ini memang waktu yang sulit untuk kita menyeimbangkan semuanya. Oleh sebab itu kita harus bisa keluar dari masa sulit ini dengan selalu mengandalkan Tuhan karena Dia yang akan memberikan kemenangan kepada kita.

 

     2. Jawaban Tuhan (Matius 6:33)

Untuk mendapatkan jawaban Tuhan, kita perlu memiliki hikmat Tuhan. Tuhan tau bagaimana cara untuk menolong koya dan Dia sendiri yang akan memberi petunjuk sebagai jalan bagi hidup kita. Dalam Ezra 5:2 berkata bahwa kita butuh doa, dan kita butuh jawaban. Dan Tuhanlah yang menjadi jawaban kita. Dia sendiri yang menetapkan langkah-langkah hidup orang percaya. Oleh sebab itu jangan khawatir atas hidup kita karena Tuhan adalah jawaban yang kita perlu. Dia cukup bagi kita yang memahaminya.

Matius 6:33 mencari Tuhan maka kita akan mendapatkan semuanya. Termasuk jawaban dan kebahagiaan hidup itu ada di dalam Tuhan. Tuhan sanggup memberi jawaban atas setiap permasalahan dan pergumulan hidup kita. Bahkan di masa sulit inipun Dia sanggup memberi jawaban untuk hidup kita.

Matius 7:7 (TB)  “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

Jawaban kehidupan semua ada di dalam Tuhan. Ketika kita meminta, mencari, mengetuk Dia maka Dia akan membuka jalan kehidupan dan jawaban untuk hidup kita. Percayalah!!!

 

     3. Perlindungan Ilahi (Matius 28:18)

Di dalam Tuhan, Dia sanggup memberi perlindungan Ilahi. Akan ada otoritas Ilahi ketika kita berada dalam perlindungan Ilahi. Karena yang maha kuasa itulah yang memimpin dan memberi kuasa kepada kita. Dia melindungi kita dan memberi otoritas Ilahi untuk hidup kita.

Matius 28:18 (TB)  Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Sesungguhnya Tuhan sudah memberi perlindungan rohani atas hidup setiap kita, Dia memberikam otoritas Ilahi.

1 Raja-Raja 20:28 ketika bangsa Israel berperang melawan orang Aram. Tuhan sendiri yang menyertai. Yang kecil itu disertai oleh Tuhan. Tampilah Abdi Allah yang menjadi perantara untuk Allah berbicara. Di kehidupan kita, kiranya kita menjadi gereja Tuhan yang jadi abdi Allah yang punya otoritas Tuhan. Supaya kita tau bahwa Tuhan adalah Allah di atas gunung dan Dia juga Tuhan di bawah lembah yang akan selalu melindung kita dari apapun.

 

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp.Pdt. Hanny Setiawan,S.E,M.B.A di ibadah Minggu Sore pada tanggal 04 Oktober 2020 di Bethany El Bethel Solo Baru

Penulis: Yohana Sri Pamularsih

Comments

https://i2.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/10/IMG-20201010-WA0000.jpg?fit=700%2C450&ssl=1https://i2.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/10/IMG-20201010-WA0000.jpg?resize=700%2C450&ssl=1yohanaPesan Mimbar#covering,#jaminan,#jawaban,#otoritasAllah,#rencanaPENJAGA ISRAEL MAZMUR 121:1-4 BeritaMujizat.com - Pesan Mimbar - Kehidupan perjalanan bangsa Israel tak akan pernah bisa lepas dari penyertaan dan penjagaan dari Allah Israel yang sungguh sangat mengasihi bangsa Israel. Meskipun bangsa Israel sangat tegar tengkuk, tapi Allah tak pernah sekalipun membiarkan bangsa Israel berjalan sendiri. Hidup kita adalah hidup...Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan