KARTAKISMOSIS/ALIGNMENT 

EFESUS 4:12

 

BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Tidak terasa tahun 2020 segera berlalu. Suatu kali tahun 2020 ini menjadi cerita kehidupan kita di masa depan buat anak cucu bahwa ada masa yang seluruh dunia alami. Meskipun menjadi waktu yang sulit dan sukar tapi Tuhan tetap ada menjaga dan menyertai anak-anakNya. Oleh sebab itu kita harus terus berjalan dalam masa penyelarasan yang selalu Tuhan inginkan. Ini waktu yang baik untuk kita berlindung dan masuk dalam kubu pertahanan Tuhan.

Mungkin tidak ada hal yang bisa kita lakukan banyak di musim ini, tapi biarlah kita percayakan semuanya kepada Tuhan bahwa kita akan bisa melaluinya bersama dengan Tuhan asalkan kita selalu berdiam diri di dalam hadirat Tuhan untuk menanti Dia berbicara dan menolong hidup kita.

Sebagai gereja Tuhan, kita tak perlu memperbesar ketakutan kita tapi justru harus menambah iman percaya kita bahwa Dia yang pegang kendali atas setiap masa hidup manusia. Masa pandemik ini membawa dunia memang sudah berubah dan ada keputusan surga yang harus tergenapi. Tak dapat diprediksi akan selesai kapan dan akan berubah seperti apa bumi ini, tapi kita harus selalu hidup dalam penyelarasanNya. Karena kalau tidak selaras maka akan semakin timbul masalah-masalah.

Efesus 3:8-11 berbicara tentang kekayaan Kristus yang tidak terduga. Kita disembunyikan dalam Kristus, dan hidup kita dibawa dalam misteri Allah atau rencana abadi Allah serta diposisikan dalam pemerintahan Tuhan untuk memerintah surga dan bumi. Hidup kita harus diselaraskan dalam maksud abadi Tuhan. Maksud kekal yang tidak akan pernah bisa digagalkan oleh siapapun.

Semua jawaban kehidupan kita ada di dalam Yesus Kristus. Apapun keputusan hidup kita harus selaras dengan maksud abadi Kristus. Selaraskan apa yang Tuhan mau di sisa waktu di tahun ini (Ulangan 29:29). Supaya terjadi penyelarasan dengan maksud Tuhan (Efesus 4:11-16).

5 jawatan yang ada itu adalah alat Roh Kudus untuk membangun tubuh Kristus. Untuk memperlengkapi dan membantu kita masuk dalam posisi yang Tuhan tetapkan dalam hidup kita. Ketika hidup kita, hidup dalam jawatan makan akan ada kedewasaan rohani dalam hidup kita. Tanpa penyelarasan tidak akan pernah ada kedewasaan rohani. Kuncinya adalah hidup menyelaraskan diri dengan Kristus. Proses penyelarasan adalah proses sinkronisasi, harmonisasi, penyatuan, penyesuaian. Proses penyesuaian, penyatuan dan mengharmonisasikan sesuatu yang komplek.

     1. Kartakismosis adalah Proses Menuju Kedewasaan Rohani

Ada 5 tahapan menuju kedewasaan rohani yaitu tahap Nepios/bayi (1 Korintus 3:1), tahap Pardion/kanak-kanak (1 Korintus 4:20), tahap Teknon/pemuda (1 Korintus 4:14), tahap Huios/dewasa (Matius 20:20), serta tahap Teleios/kedewasaan penuh (Efesus 4:13).

Kalau kita tidak mau diselaraskan kita tidak bisa menjadi dewasa rohani. Penyelarasn itu tidak mudah, karena kita akan berada dalam masa dan waktu serta kondisi dan tempat yang pasti sangat tidak enak bagi kita. Tapi percayalah setiap waktu dan tempat itu bermakna dan ada tujuan Ilahi atas hidup kita.

     2. Kartakismosis adalah Proses Apostolik

Pelayanan Apostolik dalam Alkitab itu seperti di dalam Roma 1:1, 1 Korintus 1:1, Galatia 1:1, Efesus 1:1, Kolose 1:1. Dalam pelayanan apostolik itu akan ada proses kerendahan hati dan culture of honour sebagai budaya saling menghormati. Menyelearaskan diri itu tidak mudah, karena prosesnya panjang dan melalui pelayanan atau ministri yang kita kerjakan. Pelayanan Apostolik ini akan membangun tubuh Kristus (Ekklesia).

     3. Kartakismosis adalah 2 Proses Dalam 3 Dimensi

Secara personal kita berada dalam Tuhan sebagai raja, ada mandat Ilahi dan tubuh Kristus, di mana semua terjadi secara koorporat. Oleh sebab itu harus loyal dalam proses penyelarasan ini, melewati setiap proses demi proses dan berada dalam dimensi yang ada.

 

Prinsip Penyelarasan:

     1. Prinsip Kerelaan-Jajaran Kudus-Otoritas Ilahi (Mazmur 110:1-3).

Penyelarasn itu bukanlah paksaan tapi harus sukarela dan voluteer. Karena semua yang terpanggil dan sukarela menjalaninya maka akan ada otoritas Ilahi yang menyertainya. Semua kegerakan itu harus didasari dengan sukarela bukan paksaan karena kerelaan itu sangatlah penting.

Untuk bisa terjadi penyelarasan bersama harus ada relawan yang dibangkitkan. Ketika kita selaras, maka apa yang terjadi di hidup kita akan dapat mempengaruhi yang di luar kita bahkan sebaliknya.

     2. Prinsip Hidup Bersama-Knitted Heart

Penyelarasan atau allignment itu berbicara tentang hati ke hati. Tentang hati yang sudah terkoneksi satu sama lain dalam Tubuh Kristus. Ketika hati kita tidak benar maka penyelarasan tidak akan terjadi. Kita harus bisa hidup bersama dari hati ke hati (Filipi 2:5-7, Filipi 4:10).

Timbal balik (as one as heart) (2 Korintus 6:11), untuk bisa melayani itu harus terbuka hati kita. Membuka hati maka akan ada penyelarasan hidup dan kehendak Tuhan di dalamnya. Ketika hati luka atau tidak beres maka akan menghalangi sebuah penyelarasan itu bisa terjadi. Oleh sebab itu harus bisa saling menerima satu dengan yang lain dalam sebuah keluarga.

The ministry of reconciliation (2 Korintus 5:18). Ada pelayanan rekonsiliasi yang harus terjadi untuk sebuah penyelarasan itu bisa ada. Mendamaikan diri diantar pelayan, mendamaikan diri antar pribadi. Sebuah penyelarasan akan terjadi setelah ada repentance (pertobatan) dan perdamaian (reconciliation).

     3. Prinsip KerajaanMu Datang KehendakMu Jadi (Matius 6:10)

Kehendak Tuhan terjadi di atas bumi dan surga, tapi kita bisa menghalangi kehendak Tuhan itu terjadi. Oleh sebab itu betapa pentingnya kita memahami bahwa penyelarasan itu sangatlah penting bagi Tubuh Kristus. Penyelarasan Tuhan terjadi sampai kita melihat kerajaan Tuhan datang dan kehendakNya jadi atas bumi dan surga.

     4. Prinsip Tiang Awan Dan Tiang Api (Keluaran 13:21)

Ketika tiang awan dan tiang api berjalan, siap atau tidak siap semua orang Israel harus mengikuti. Inilah yang disebut Alignment atau penyelarasan. Dari musim ke musim Tuham selalu bergerak menuju pemulihan total gerejaNya. Memperiapkan gerejaNya sebagai mempelainya yang kudus, suci, dan tak bercacat.

Ini waktu yang harus kita sikapi dengan sungguh. Karena kita hidup di akhir zaman yang membawa kita harus siap sedia setiap waktu. Hidup berjalan bersama dalam tubuh Kristus dan selalu rela untuk selalu diselaraskan oleh Tuhan. Jangan berhenti kita masa penyelarasan ini kita alami, tapi tambahkan iman percaya untuk berjalan bersama. Serta ijinkan hati ini selalu bertobat dan dipulihkan sehingga akan ada penyelarasan yang membawa kita ke tingkat level dewasa rohani. Get Ready!!!

 

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp.Pdt. Hanny Setiawan,S.E,M.B.A di ibadah Minggu Sore pada tanggal 04 Oktober 2020 di Bethany El Bethel Solo Baru

Penulis: Yohana Sri Pamularsih

Comments

https://i0.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/10/IMG-20201010-WA0001.jpg?fit=700%2C450&ssl=1https://i0.wp.com/beritamujizat.com/wp-content/uploads/2020/10/IMG-20201010-WA0001.jpg?resize=700%2C450&ssl=1yohanaPesan Mimbar#humble,#keluarga,#proses,#rendahhati,#sukarela,Penyelarasan,posisi,TujuanKARTAKISMOSIS/ALIGNMENT  EFESUS 4:12   BeritaMujizat.com - Pesan Mimbar - Tidak terasa tahun 2020 segera berlalu. Suatu kali tahun 2020 ini menjadi cerita kehidupan kita di masa depan buat anak cucu bahwa ada masa yang seluruh dunia alami. Meskipun menjadi waktu yang sulit dan sukar tapi Tuhan tetap ada menjaga dan menyertai anak-anakNya....Tuliskan Kebenaran, Hasilkan Perubahan