Berita Gereja

Minggu Palma, Mengawali Rangkaian Minggu Paskah dalam Liturgi Gereja Kristen


 

BeritaMujizat.Com – Berita Gereja – Hari ini merupakan Minggu Paskah ke VI. Dan dalam liturgi Gereja Kristen merayakan Minggu Palma.

Minggu Palma merupakan peringatan masuknya Yesus ke kota Yerusalem. Minggu Palma selalu jatuh pada hari Minggu sebelum Paskah. Mengawali rangkaian Minggu Paskah dalam liturgi Gereja Kristen.

Gereja Kristen Jawa Kartasura hari ini pun merayakan Minggu Palma. Hal ini terlihat dari ornamen daun palem yang memenuhi ruangan ibadah. Serta terlihat diawal ibadah jemaat mengangkat daun palem. Serta menyorakkan Hosanna, Hosanna, Hosanna!!

Jemaat Gereja Kristen Jawa Kartasura mengangkat daun palem serta menyorakkan Hosanna, Hosanna, Hosanna!

Hal ini merujuk pada catatan empat injil yaitu Markus 11:1-11, Matius 21:1-11, Lukas 19:28-44 dan Yohanes 12:12-19. Di dalamnya tertulis peristiwa Yesus ke kota Yerusalem menunggang keledai muda dan murid-murid mengiring dia sambil bersorak sorai.

Markus 11:8-10 (TB) Banyak orang yang menghamparkan pakaiannya di jalan, ada pula yang menyebarkan ranting-ranting hijau yang mereka ambil dari ladang. Orang-orang yang berjalan di depan dan mereka yang mengikuti dari belakang berseru: “Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, diberkatilah Kerajaan yang datang, Kerajaan bapak kita Daud, hosana di tempat yang maha tinggi!” 

Apa yang terjadi merupakan penggenapan dari Zakharia 9:9 (TB) Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda. 

Ketika Yesus Kristus masuk  ke kota suci Yerusalem itu adalah hal yang istimewa, sebab terjadinya sebelum Yesus mati dan bangkit dari kematian. Itu lah mengapa Minggu Palma disebut pembuka pekan suci, yang berfokus pada pekan terakhir Tuhan Yesus di kota Yerusalem.

Ada hal menarik yang mewarnai Minggu Palma, seperti ornamen daun palem. Daun palem adalah simbol dari kemenangan. Daun palem digunakan untuk menyatakan kemenangan martir atas kematian. Kristus menang atas dosa dan kematian.

Dan fakta menarik dari keledai. Saat memasuki kota Yerusalem Tuhan Yesus menunggangi keledai muda. Seringkali kita berpikir bahwa keledai itu adalah hewan yang dungu. Tetapi faktanya keledai merupakan hewan yang cerdas dan penuh kehati-hatian.

Ketika berhadapan dengan hal yang dianggap membahayakan, keledai akan diam dan mengamatinya. Hal inilah yang membuat mereka dipandang sebagai hewan yang dungu dan keras kepala

Jika keledai tidak yakin mau dibawa ke mana, mereka akan berhenti dan mempertimbangkan situasinya sebelum lanjut. Jadi, kita tidak bisa memaksanya.

Tetapi saat ditunggangi Yesus Kristus keledai muda itu pasti tahu benar siapa yang menungganginya. Tidak ragu dia mengikut, bahkan dipakai Yesus Kristus masuk ke kota Yerusalem.

Comments

Related Articles

Back to top button