Pesan Mimbar

Metanoia


METANOIA

MATIUS 4:17

 

BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Setelah Yesus naik ke surga Dia selalu berbicara tentang kerajaan surga. Bahkan Dia memulai pelayanannya pun Dia berbicara tentang Kingdom. Dalam Matius 4:13 Injil pertama itu ditujukan kepada perjanjian baru setelah 400 tahun Tuhan tidak berbicara. Kisah pertama Yesus memulai pelayanan pertama di depan umum berbicara tentang Kingdom.

Suku Naftali dan Zebulon adalah orang kaya. Ini adalah kotbah Yesus yang pertama kali yaitu ketika Dia berbicara bahwa bertobatlah kerajaan surga sudah dekat (Matius 3:2). Permulaan Allah tentang kepada kerajaan surga (Kisah Para Rasul 1:3). Tetapi setelah Yesus  bangkit Dia berulang-ulang kali menampakkan diri dan berbicara tentang kerajaan Allah kepada murid-muridNya. Pesan utama Yesus Kristus adalah Kingdom of Heaven dan bagaimana Yesus memerintah.

Metanoia adalah perubahan cara hidup kita menjadi apa yang Tuhan mau. Kita bisa berubah cara berpikir, cara berbicara dan cara kehidupan. Kita percaya tapi belum terjadi dalam perilaku belum disebut metanoia atau bertobat. Kita belum berperilaku seperti yang seharusnya dan sesuai dengan kerajaan surga kitapun belum memahami arti metanoia.

Pertobatan menurut injil Matius adalah perubahan dari dalam ke luar mengikuti kehendak raja. Hidup sebelumnya di luar kerajaan setelah bertobat berada di dalam kerajaan. Hidup dalam kehendak sang raja meskipun kita jatuh bangun tapi Tuhan akan selalu mengangkat kita. Dalam kegagalan Tuhan sanggup mengangkat kita.

Perubahan moral hanya terletak pada agama bahkan aturan yang manusia buat, tetapi perubahan hati dan hidup itu akan mengarah pada kerajaan surga. 

Orang yang disebut Metanoia, hidupnya hanya untuk Yesus karena sudah bertemu dengan Yesus dan hidup menuruti kehendak Yesus. Dan melakukan semua untuk kerajaan Allah dan selalu berpikir kepada pola kerajaan.

 

     1. Metanoia Adalah Pintu Masuk Kerajaan

Tanpa metanoia tidak bisa kita masuk dalam kerajaan Allah. Dalam Kolose 1:13 kita sudah dilepaskan dari kegelapan dan sekarang hidup berada di dalam injil kerajaan. Tidak perlu hidup dalam kegagalan karena Tuhan sudah memberikan kemenangan demi kemenangan dalam hidup kita.

Hidup dalam budaya yang bukan kerajaan surga itu tidak nyaman. Karena tidak sesuai yang kerajaan Allah ajarkan. Dalam kerajaan surga ada damai, kebenaran dan kasih. Di dalam Matius 28:18 berbicara tentang sebelum amanat agung diberikan adalah Tuhan memberi kuasa disurga dan bumi. Kita sudah berada di dalam kerajaan surga.

 

     2. Metanoia Adalah Cara Mengalahkan Dunia (Bertobat)

Dalam Matius 4:8 bila kita tidak hidup dalam kerajaan surga maka kita tinggal dalam kerajaan dunia. Mengalahkan dunia itu adalah dengan bertobat yaitu berbalik dari jalan yang salah kepada jalan kehendak Allah yang benar. Dan memilih hidup dalam kerajaan Allah bukan kerajaan Allah. Kita semua harus bertobat dan hidup dalam kerajaan surga maka akan bisa saling mengampuni. Setiap kita harus bertobat.

Cara terbaik adalah pengampunan dosa dan saling mengampuni. Hidup dalam kehendak Tuhan akan ada tanda dan mujizat. Ini kalimat pertama dari Yesus :

Matius 3:15 perkataan pertama sang raja. Biar hidup kita menggenapi kehendak Allah. Hidup tidak melenceng ke kanan dan ke kiri tetapi dalam kehendak Tuhan. Dalam kehendakNya semua akan menjadi sempurna (1 Yohanes 5:4-5).

 

     3. Metanoia Adalah Kabar Baik

Metanoia membuat kita bertobat (Lukas 15:7). Dalam kehidupan akan ada aturan seharusnya bukan menjadi berat untuk dijalani tapi Tuhan ingin supaya kita senang. Kalau Tuhan masih memperhatikan kita karena Bapa mengasihi kita. Dalam Roma 10:25 aturan kerajaan tidak membuat kita menjadi berat tapi membuat kita bersukacita. Dalam Lukas 15:7 ada sukacita di surga ketika ada 1 orang yang bertobat. Bertobat setiap hari dan menjadi gaya hidup kita.

Dalam Wahyu 2:21 Time to Repentance ini menjadi waktu untuk bertobat dan kembali kepada apa yang Tuhan mau. Kemurahan Tuhan untuk membawa kita kepada pertobatan. Kita diberi waktu untuk bertobat (Roma 2:4). Miliki banyak waktu untuk mencari Tuhan dan bertobat. Karena Tuhan yang punya kuasa atas bumi dan surga. Oleh sebab itu setiap kita, setiap hari harus selalu bertobat dan mengalami metanoia sebagai kabar baik.

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp. Pdt. Yusuf Hanny Setiawan,S.E,M.B.A pada di hari Minggu Sore, 18 April 2021 di ibadah Online Di Bethany El Bethel Solo Baru.

Comments

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button