Pesan Mimbar

Generasi Abisai: Kekuatan Kesetiaan dan Kebijaksanaan dalam Berperang Bersama


BeritaMujizat.com – Pesan Tuhan – Hari-hari ini Tuhan akan membangkitkan generasi Abisai. Generasi yang akan berjalan dan bahkan berperang bersama dengan generasi Daud. Lalu siapakah Abisai?

Abisai adalah putra sulung dari Zeruya, saudari dari Raja Daud. Sehingga dia adalah keponakan dari Daud. Namanya memiliki arti “Bapak hadiah.” Ia adalah saudara dari Yoab dan Asael dan panglima militer di bawah Daud.

Di dalam alkitab Daud adalah seorang yang berkenan di hati Tuhan. Daud memiliki banyak urapan dan anugerah. Tetapi ada dua urapan daud, penyembah dan prajurit.

Urapan untuk menyembah dan urapan untuk dapat berjuang dalam peperangan. Saul membunuh beribu-ribu, tetapi Daud membunuh berlaksa-laksa.

Daud diurapi dalam peperangan dan untuk berjuang. Tetapi ada hal yang menarik dalam peperangan Daud.

2 Samuel 21:15 Ketika terjadi lagi peperangan antara orang Filistin dan orang Israel, maka berangkatlah Daud bersama-sama dengan orang-orangnya, lalu berperang melawan orang Filistin, sampai Daud menjadi letih lesu.

Seberapa besar urapan Daud dalam berjuang ternyata saat dalam suatu peperangan Daud juga mengalami kelelahan. Dan saat seseorang menjadi lelah dalam peperangan, dibutuhkan orang lain untuk menolongnya.

Orang yang hebat sekalipun akan menjadi lelah. Daud adalah orang yang luar biasa. Dia mengalahkan banyak musuh. Mengalahkan singa dan beruang. Tetapi seberapa besar kekuatan Daud, dia pun mengalami kelelahan.

Seorang Daud memerlukan orang lain untuk berperang bersama dengan dia. Di dalam alkitab kita dapat melihat sebuah hal menarik ketika Daud berperang bersama dengan Abisai. Siapakah Abisai?

2 Samuel 21:16 Yisbi-Benob, yang termasuk keturunan raksasa–berat tombaknya tiga ratus syikal tembaga dan ia menyandang pedang yang baru–menyangka dapat menewaskan Daud. 21:17 Tetapi Abisai, anak Zeruya, datang menolong Daud, lalu merobohkan dan membunuh orang Filistin itu.

Abisai adalah salah satu prajurit perang terbaiknya Daud. Dia dapat menghancurkan raksasa-raksasa.

Dan saat ini Tuhan akan membangkitkan generasi Abisai. Generasi yang akan berjalan dan bahkan berperang bersama dengan generasi terdahulunya. Bagaimanakah seharusnya karakter dari generasi Abisai?

  1. Abisai harus dekat dengan Daud. Dengan ini dia akan mengerti apa yang Daud perlukan. Dia dengan cepat dapat menolong Daud.
  2. Abisai jangan sampai jatuh dengan jebakan. ​​Sehingga daud dan abisai bisa berjalan bersama. 
  3. Abisai memiliki strategi perang yang baik dan selalu baru.
  4. Abisai adalah orang yang fokus (tidak mudah terdistraksi) dan tidak peduli dengan suara-suara asing.
  5. Abisai tahu bagaimana cara untuk mengecilkan sebuah masalah bukan membesarkan masalah.
  6. Abisai selalu membuat dirinya selalu bersedia dan ia tidak takut. Abisai memiliki kemampuan untuk tidak takut dan menjadi seorang prajurit.
  7. Abisai mau untuk dikoreksi. Ketika kita berdoa dan itu bukan rancangan Tuhan maka kita harus belajar menerima dan mengerti bahwa itu bukan waktunya Tuhan.

1 Samuel 26:5-6 (TB) Berkemaslah Daud, lalu sampai ke tempat Saul berkemah. Waktu Daud melihat tempat Saul berbaring dengan Abner bin Ner, panglima tentaranya, — Saul berbaring di tengah-tengah perkemahan, sedang rakyat berkemah sekelilingnya — berbicaralah Daud kepada Ahimelekh, orang Het itu, dan kepada Abisai, anak Zeruya, saudara Yoab, katanya: “Siapa turun bersama-sama dengan aku kepada Saul ke tempat perkemahan itu?” Jawab Abisai: “Aku turun bersama-sama dengan engkau.”

Abisai adalah satu-satunya orang yang menemani Daud saat ia datang ke tenda Saul dan mengambil tombak dan botol air dari Saul saat ia tidur.

Ketika Daud berjalan bersama dengan Abisai maka kemenangan akan diraih. Urapan hikmat seorang Daud ketika berjalan dengan urapan kekuatan dari Abisai negara-negara akan diubahkan.

 

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Ps. Kofi Dartey dari Canada di acara New Fire Conference 2024.

Comments

Related Articles

Back to top button