Pesan Mimbar

Menjadi Penyembah


MENJADI PENYEMBAH

YOHANES 4:22

 

BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Dalam kehidupan orang percaya, seharusnya kita tidak lupa bahwa ada dunia lain yaitu dunia spirit. Di mana dunia itu hanya hati kita yang bisa masuk dan mengenalinya. Dalam ibadahpun, Tuhan itu hadir dan bermanifestasi dalam wujud dan tanda apapun. Setiap ibadah seharusnya kita selalu berharap ada sesuatu yang baru karena Allah kita hadir dalam hadiratNya.

Dalam Yohanes 4:21-25 jelas dikatakan bahwa Tuhan mencari seorang penyembah. Allah itu bukan gagasan, ide, tulisan tapi Dia adalah spirit. Yesus datang dan menggenapi semuanya. Inti dari kehidupan adalah penyembahan kepada Tuhan. Apapun yang kita kerjakan apapun profesi kita semua adalah menyatakan bahwa kita adalah penyembah, pendoa dan pekabar injil. Itu adalah destinynya kita sebagai orang percaya yang menjadi kehidupan kita sendiri.

Penyembah yaitu hidup kita yang berfungsi di tempat kita masing-masing. Bapa menghendaki kita sebagai penyembah. Dalam Roma 3:23 kita kehilangan kemuliaan Tuhan karena dosa. Internal Glory hanya Tuhan yang punya. Ketika kita menyembah Tuhan maka akan ada manifestasi glory yang terpancar.

Ketika manifestasi Tuhan hadir dalam ibadah maka acara yang kita susun akan bisa berganti. Akan ada kesembuhan terjadi, akan ada Kekuatan diberikan, ada sukacita, berkat bahwa sesuatu yang mustahil bagi kita bisa terjadi ketika kita datang sebagai penyembah. Seorang Musa melihat dan merasakan kemuliaan Tuhan (Keluaran 33:18-19).

Dalam Keluaran 33:1-23 tentang Musa yang mendapat penyertaan Tuhan ketika dia berada dipadang gurun. Janji Tuhan terhadap bangsa Israel adalah penyertaan dan perlindungan dari orang orang kuat. Tuhan memberikan semua, tapi Tuhan tidak mau menjadi Tuhan lagi kalau kita memilih lembu emas.

Semua ada tapi tanpa penyertaan Tuhan semua itu sia-sia. Bangsa Israel paham betul bahwa ketika kita tidak ada Tuhan itu adalah sebuah ancaman yang besar. Kalau tidak ada Tuhan maka hidup kita akan kalah perang. Sering kali kita lupa untuk menyembah Tuhan karena kepandaian kita sendiri. Apapun yang terjadi mintalah penyertaan Tuhan.

 

Menjadi Penyembah :

     1. Manifestasi Dimensi Ilahi / Roh

Kalau Tuhan tidak membimbing Musa, maka Musa tidak akan berangkat tanpa Tuhan. Sebuah pilihan yang pasti tidak gampang. Sering kali kita kalah dengan pilihan-pilihan yang membawa kita memilih bukan Allah. Sukses adalah ketika Tuhan berjalan bersama-sama dengan kita. Bukan apa yang kita punya sekalipun. Yang membedakan kita dengan yang lain adalah hadirat Tuhan yang memimpin kita. Kemanapun kita pergi maka akan ada hadirat Tuhan. Itulah penyembahan kita.

Manusia tinggal di dunia nyata. Dia ada dimensi yang lain dan Dia ada di dunia nyata. Ketika Tuhan hadir maka akan ada lawatan Allah. Hadirat Tuhan kuat, manifestasi Tuhan kita kuat akan membawa orang tinggal. Akan ada manifestasi kemuliaan Tuhan yang turun memenuhi hidup kita. Ada pintu gerbang yang terbuka dan membawa kita bisa melihat Tuhan dalam hadiratNya. Allah itu roh dan kita harus peka mengenalinya.

     2. Manifestasi Karakter Ilahi

Siapa Tuhan yang kita sembah itu yang akan menjadi karakter kita. Dalam Mazmur 115:3-8 kita akan menjadi sama dengan orang yang kita sembah. Kita tidak mau berbuat dosa karena kita tahu siapa yang kita sembah. Karena yang kita sembah ada dan tinggal di hati dan hidup kita. Karakter Ilahi itu muncul melalui kita. Karakter itu muncul dari penyembahan. Dalam 1 korintus 11:7 ketika kita banyak menyembah, maka karakter Ilahi kita akan keluar. Seperti menambah watt atau daya kekuatan ketika kita menyembah.

     3. Manifestasi Kuasa Ilahi

Dalam Kejadian 35:3-5 Menyembah Tuhan dan meninggalkan berhala maka kita tidak akan mengejar selain mengejar Allah. Selain menyembah Tuhan tidak ada yang lainnya. Ketika kita menyembah maka tidak akan ada terjadi eror dalam hidup kita. Karena Allah yang kita sembah itulah yang akan memimpim hidup kita sendiri.
Dalam penyembahan kita akan mengalami kesembuhan bagi yang sakit, kekuatan bagi yang lemah dan sukacita bagi yang susah. Betapa powerfullnya sebuah penyembahan kita kepada Tuhan.

     4. Manifestasi Rahasia Ilahi

Ketika kita menyembah Tuhan maka akan ada manifestasi Rahasia Ilahi yang dinyatakan. Ada kehendak Tuhan yang muncul yang dinyatakan. Semua pertanyaan kehidupan ada jawaban di dalam hadirat Tuhan. Melihat kehendak, rahasia Ilahi dibuka. Rahasia ilahi itu berharga dan itu ada dalam penyembahan dan hadirat Tuhan.

Dalam Wahyu 5:4-10 bahwa tidak layak untuk membuka kitab gulungan. Karena di dalamnya ada rahasia-rahasia Ilahi yang akan dinyatakan. Dan hanya Anak Domba yang layak menerima gulungan kitab serta layak menerima setiap pujian. Ketika kita menyembah Tuhan, maka akan ada manifestasi-manifestasi Ilahi yang akan dinyatakan. Dan setiap kita akan melihay kemuliaan Tuhan di atas setiap pujian dan penyembahan kita.

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp. Pdt. Yusuf Hanny Setiawan, SE,M.B.A pada hari Minggu, 17 Januari 2021 di ibadah Online Di Bethany El Bethel Solo Baru.

Penulis : Yohana Sri Pamularsih

Comments

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button