Pendidikan

Mengembangkan Kemampuan Guru di Daerah melalui Kegiatan Guru Berbagi


BeritaMujizat.com – Pendidikan – Rumah Generasi dengan Program Winner Generation melakukan kegiatan “Guru Berbagi” dibeberapa daerah di Maluku. Kegiatan ini dilakukan dari tanggal 16 – 27 Juni 2019.

Tujuan kegiatan “Guru Berbagi” adalah memperlengkapi para tenaga pendidik, dalam hal ini guru di pulau – pulau. Kegiatan ini diharapkan mampu membantu mereka dalam proses belajar mengajar di kelas.

Kegiatan ini diikuti oleh 116 Peserta dintaranya 4 Sekolah Dasar di Letti Tengah kecamatan pulau Letti dan 4 Sekolah Dasar di Moa Tengah dan 3 Sekolah Dasar di kacamatan Teluk Elpaputih Samasuru Maluku Tengah Dan bapak /Ibu Calon Pegawai Negeri Sipil yang sementara mengikuti Aktulisasi Lapangan di pulau Moa dan pulau Letti.

Kegiatan Guru Berbagi untuk Pulau Letti dipusatkan di SD Inpres Tomra Kecamatan Pulau Letti. Kegiatan di Pulau MOA dipusatkan di SD Negeri Klis Kabupaten Maluku Barat Daya. Dan Kegiatan di Teluk Elpaputih dilaksanakan di SD Negeri 2 Samasuru kabupaten Maluku Tengah.

Adapun Agenda kegiatan ‘’Guru Berbagi ‘’ diantaranya :

  1. Penampilian Tarian Adat Dain Walkei yang ditampilkan oleh siswa-siswi SD Inpres Tomra.
  2. Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Maluku Barat Daya yang diwakili oleh Kabid pendidikan Sekolah Dasar Bpk. Musa Tetrapoik.
  3. Penjelasan Tujuan Kegiatan oleh Koordinator Rumah Generasi Alfin Paron.
  4. Pemaparan Materi Oleh Narasumber

Narasumber dalam kegiatan “Guru Berbagi” adalah Ibu Kristin Dananti Dan Ibu Desta Sinaga. Mereka Berdua merupakan Pemerhati Pendidikan di Pulau-pulau khususnya Indonesia Timur.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pendidikan Maluku barat Daya yang disampaikan oleh Kepala Bindang Pendidikan Dasar, pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya mendukung dan mengapresiasi kegiatan Rumah Generasi.

Kegiatan ini sangat membantu para guru, terkhusus bagi guru – guru di Kabupaten Maluku Barat Daya. Beliau berharap pendidikan Di Maluku Barat Daya ini bisa lebih baik ditahun-tahun kedepan dengan adanya kerjasama dan dukungan dari pihak lain atau lembaga-lembaga pemerhati pendidikan.

Adapun hasil dari kegiatan ini adalah;

  • Meningkatnya pemahaman peserta terkait dengan metode pembelajaran menggunakan kurikulum -13
  • Peserta pelatihan memahami tentang menjadi guru Kristen yang efektif dan alasan dasar menjadi guru
  • Peserta pelatihan memahami tentang bagaimana mengajar dengan pendekatan disiplin positif
  • Meningktanya kemampuan peserta dalam pengisian Aplikasi penilain raport dengan menggunakan K-13, menurut Ibu. Imelda Paidara (Guru SD Negeri Klis ).

Salah seorang peserta kegiatan berbagi cerita apa yang dia dapatkan ketika mengikuti kegiatan ini. Melalui kegiatan ini ada hal-hal baru yang didapat.

Kegiatan ini cukup mengubah pola pikirnya. Yang dahulu dia merasa sudah benar dalam proses penerpan materi terkhusus soal metedo pembelajaran ternyata belum sepenuhnya benar. Dan beliau berkomitmen kedepan akan lebih baik dalam melakukan persiapan mengajar.

Penulis : Gilrandi ADP

Comments

Related Articles

Back to top button