BMNews

Masyarakat Papua Peringati Hari Pekabaran Injil ke 168 Tahun


BeritaMujizat.com – BMNews – Minggu, 5 Februari 2023 kemarin, masyarakat Papua memperingati Hari Pekabaran Injil di tanah Papua yang ke 168 tahun. Berbagai perayaan pun diadakan masyarakat Papua.

Carl Wilhelm Ottow (24 Januari 1827 – 9 November 1862) adalah misionaris asal Jerman yang, bersama-sama dengan Johann Gottlob Geissler,pertama kali menyebarkan misi evangelis Kristen Protestan ke tanah Papua. Kedatangan mereka berdua pada tanggal 5 Februari 1855.

Ottow dan Geissler pertama kali tiba menginjakkan kaki di tanah Papua yaitu di pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat. Mereka terus berjuang untuk hidup berdampingan dengan masyarakat lokal sampai akhirnya ada yang bertobat dan dibabtis. Kemudian Kristen semakin menyebar luas di Papua.

Hari Pekabaran Injil di tanah Papua yang jatuh pada tanggal 5 Februari diperingati sekaligus sebagai momentum menjaga keragaman dan persatuan. Tahun ini beragam perayaan Hari Pekabaran Injil berlangsung di berbagai daerah di Papua.

Di Timika Jemaat Gereja Kristen Injili (GKI)  Klasis Mimika memperingati HUT PI dengan ibadah bersama di Halaman Gedung Klasis baru di rigasi, Timika, Papua Tengah.

Perayaan dimeriahkan dengan fragmen, puji-pujian, juga dilakukan aksi gelar tikar untuk pembangunan gedung klasis GKI Mimika. Acara ini mengangkat Tema Kasih Kristus Mengerahkan Kemandirian, Gereja Mewujudkan Keadilan, Kedamaian, dan Kesejahteraan (2 Korintus 5:18-19 dan Mazmur 72:2-3 dengan Sub tema ‘Membangun Kesehatian, Mewujudkan Pembaruan Menuju GKI di Tanah Papua dan Misioner’.

Provinsi Papua Barat merayakan HUT Pekabaran Injil dipusatkan di Pulau Mansinam, tempat dimana injil pertama kali dibawa Ottow dan Geissler 168 tahun yang lalu.

Warga Kristiani dan para tamu undangan tampak berdatangan menggunakan Kapal Motor (KM) yang dipersiapkan gratis oleh panitia di pelabuhan Yos Sudarso Manokwari. Perayaan berlangsung meriah dan dihadiri sejumlah pejabat dinas.

Comments

Related Articles

Back to top button