Berita Gereja

Kado Natal untuk Disabilitas dari Kemenag: Video Bahasa Isyarat Alkitab


BeritaMujizat.com – Berita Gereja – Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia resmi meluncurkan Video Bahasa Isyarat Ayat Alkitab bagi masyarakat disabilitas tuli di Arya Duta Hotel Bandung, Jawa Barat, Rabu, 13 Desember 2023.

Peluncuran video bahasa isyarat Alkitab itu dilaksanakan bersamaan dengan Perayaan Natal Ditjen Bimas Kristen.

Inisiatif Kemenag ini menjadi kado Natal sekaligus langkah awal meningkatkan aksesibilitas kebutuhan rohani bagi masyarakat penyandang disabilitas tuli di Indonesia.

Untuk langkah awal, video bahasa isyarat ayat alkitab ini mengambil ayat-ayat alkitab populer dengan tema Natal, Paskah, Doa Bapa Kami dan Buah-Buah Roh.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen, Jeane Marie Tulung dalam sambutannya mengatakan, peluncuran tersebut sebagai salah satu wujud pemerintah meningkatkan kesetaraan, kesempatan dan aksesibilitas bagi masyarakat disabilitas tuli.

“Untuk menegaskan kepedulian dan memperkuat solidaritas dalam meletakkan dasar yang kuat bagi perlindungan penyandang disabilitas, khususnya teman tuli, Pemerintah, dalam hal ini, Kementerian Agama ingin berkontribusi meningkatkan kesetaraan, kesempatan, dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, khususnya akses terhadap kebutuhan rohani,” ujar Jeane.

Lanjutnya, hal itu bertujuan untuk memperjuangkan hak dan pengakuan kesejahteraan para disabilitas tuli.

“Untuk itu Ditjen Bimas Kristen mewujudkan sumbangsih konkretnya menyediakan video bahasa isyarat ayat-ayat Alkitab bagi teman-teman tuli,” tambahnya.

Dia juga mengungkapkan komitmen Ditjen Bimas Kristen Kemenag bakal terus menyediakan video bahasa isyarat alkitab serupa di tahun-tahun mendatang untuk membantu mereka menghayati Firman Tuhan dengan nyaman.

“Dengan demikian diharapkan iman kristianinya dapat bertumbuh dan memberi dampak positif pada dirinya dan siapapun yang ada disekitarnya, sehingga orang dapat mengenal karakter Kristus melalui pribadinya.”, ungkapnya.

Terakhir, dia menambahkan, ke depannya Ditjen Bimas Kristen juga akan merancang program serupa yang ditujukan bagi masyarakat disabilitas lainnya.

“Kita akan merancang agar menyasar teman-teman tuli bahkan teman-teman disabilitas lainnya, termasuk didalamnya internalisasi program moderasi beragama yang digaungkan oleh Kementerian Agama,” ujarnya.

Dalam pembuatan video bahasa isyarat ayat alkitab ini, Ditjen Bimas Kristen bekerja sama dengan Yayasan Suluh Insan Lestari yang salah satu fokus pelayanannya adalah menerjemahkan alkitab dalam beberapa bahasa di Indonesia, termasuk bahasa isyarat.

Comments

Related Articles

Back to top button