Pesan Mimbar

Imanuel


IMMANUEL

MATIUS 1:23

 

BeritaMujizat.com – Pesan Mimbar – Kehidupan orang percaya di dalam Yesus pasti akan ada kemenangan. Karena Tuhan sendiri sudah berjanji, Dia yang akan memberi kemenangan tersebut. Meskipun keadaan sulit di masa pandemik masih belum selesai dan membuat kekhawatiran hidup yang kita alami tidak berhenti. Lonjakan Covid yang masih tinggi, oleh sebab itu harus menjaga kesehatan dan tetap siap dengan vaksin yang disiapkan oleh pemerintah. Ada imun tubuh yang cocok dan mungkin ada yang tidak cocok dan kuat dengan covid.

Apapun yang terjadi di muka bumi itu akan selalu berubah, tetapi Firman Tuhan tidak pernah berubah. Dalam kondisi sulit apapun, Dia selalu menyertai. Apapun yang terjadi dan apapun pilihannya, Tuhan akan selalu menyertai. Oleh sebab itu secara iman dan percaya, harus senantiasa kita jaga senantiasa dalam kehidupan kita. Tidak hanya imun, tapi iman juga harus senantiasa kita pegang di dalam Yesus.

Memegang Imanuel sebagai dasar dan akar akan membuat kita teguh dalam perjalanannya bersama dengan Tuhan. Matius 1:18-23 bercerita tentang kelahiran Yesus sebagai Juru Selamat dan Dialah Imanuel Allah yang menyertai kita. Imanuel adalah penyertaan Elohim. Kitab Matius hanya mengutip pernyataan dari nabi Yesaya di dalam Yesaya 7:1-2.

Ada serangan dari Israel dan Aram, dia minta bantuan. Dan Ahas minta bantuan kepada Asyur (melambangkan bantuan yang bukan dari Tuhan atau pertolongan yang salah). Jangan pernah minta pertolongan yang salah (Asyur). Ahas adalah Raja Yehuda (Yesaya 7:17-19).

Imanuel :

     1. Pilihan Iman

Jangan minta pertolongan dan bantuan yang salah. Jangan memiliki pilihan iman yang salah. Jangan biarkan kita salah pilih yang membuat kita salah menentukan yang bukan dari Tuhan. Kita harus memilih kepada siapa kita meminta tolong, yaitu kepada Tuhan. Kita Jangan memilih Asyur dan salah meminta pertolongan.

Ketika kita salah memilih berarti kita telah melelahkan Tuhan (Yesaya 7:13). Tetapi pilih dan mintalah bantuan pertolongan kepada Tuhan saja, karena Dia Allah Imanuel (Yesaya 7:14). Jangan belok karena kita punya Allah Imanuel (Yesaya 8:7-10). Dan jangan salah pilih untuk memilih pertolongan (Filipi 4:8).

     2. Jaminan Kemenangan

Seorang perawan yang tidak mungkin melahirkan. Tetapi hal itu terjadi atas hidup Maria. Pertolongan yang mustahil terjadi melalui ketidakmungkinan dalam diri Maria. Tanda itu semua dimiliki oleh maria. Imanuel adalah tanda memberi jaminan. Karena Tuhan tidak mau sekedar berjanji tapi Dia memberi tanda.

Dalam 2 Korintus 1:20-22 menandai diri kita dengan jaminan Ilahi. Dia Tuhan sendiri yang sudah berjanji kepada kita anak-anakNya. Selama ada jaminan Tuhan tidak ada kebingungan hidup. Selama ada jaminan Tuhan, maka kita tak perlu khawatir dan takut lagi. Karena semua sudah Dia jamin. Roh Kudus adalah jaminan bagian kita yang diberikan atas seruap pribadi kita tanpa terkecuali (Efesus 1:13-14).

     3. Bukti Penyertaan

Setiap hidup orang percayai disertai oleh Kasih Karunia Allah. Dalam 2 Korintus 13:14 dinyatakan bahwa Kemanapun kita pergi, kita akan disertai oleh kasih karunia. Kemanapun kita pergi, agape yang berkorban yang akan selalu menyertai kita.Kemanapun kita pergi, persekutuan Roh Kudus selalu beserta dengan kita. Jangan dikaburkan iman kita dengan kondisi yang salah.

Oleh sebab itu kemananpun kita pergi dan melangkah, kiranya Kasih Karunia Allah itu yang akan selalu menyertai kita. Ada Allah Imanuel yang selalu beserta dengan hidup kita sampai kapanpun. Allah adalah satu-satunya sumber pertolongan hidup orang percaya. Dia sendiri yang menjamin hidup orang beriman dan Yesus sendiri yang sudah berjanji akan selalu menyertai sampai kepada kesudahannya.

Firman Tuhan ini disampaikan oleh Bp. Pdt. Hanny Setiawan,SE,M.B.A di ibadah Online Minggu Sore di Bethany El Bethel Solo Baru pada hari Minggu, 06 Desember 2020.

Penulis: Yohana Sri Pamularsih

 

Comments

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button