BMNews

Hari Kartini, Berikut Tokoh Perempuan di Alkitab yang Juga Menginspirasi


Debora merupakan saru-satunya hakim perempuan di Israel. Dia memimpin bangsa Israel dan juga bersama Barak untuk bertempur melawan bangsa Kanaan. Sumber foto : google

BeritaMujizat – BMNews – Hari ini kita memperingati Hari Kartini. Seorang tokoh perempuan Jawa yang menginspirasi. Di dalam alkitab pun tentunya juga ada banyak tokoh wanita yang menginspirasi.
Tanggal 21 April merupakan tanggal kelahiran R.A Kartini. Dan ditanggal ini pula setiap tahunnya masyarakat Indonesia memperingatinya sebagai Hari Kartini.

Kartini merupakan tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Dia dikenal sebagai tokoh yang mempelopori kebangkitan perempuan Pribumi-Nusantara.

Kartini Merupakan seorang perempuan Indonesia terkemuka yang aktif mengadvokasi hak-hak perempuan dan pendidikan. Tentunya di dalam alkitab ada banyak tokoh perempuan yang juga menginspirasi.

1. Ester
Ester merupakan anak yatim piatu yang diasuh oleh Mordekhai, saudaranya. Ester merupakan wanita Yahudi yang berada di pembuangan di Persia.

Saat itu ratu Wasti dibuang oleh raja Persia Ahasyweros karena tidak mau menuruti keinginannya. Maka sang raja mengadakan kontes pengganti ratunya.

Terpilihlah Ester menjadi ratu (Ester 2:17). Dari Ester bangsa Yahudi diselamatkan dari pembantaian di Persia. (Ester 7 -9)

2. Rut
Rut merupakan orang Moab yang menikah dengan Kilyon,anak Naomi orang Israel yang tinggal di Moab. Sepeninggal Kilyon tidak lantas membuat Rut meninggalkannya. Rut bersikeras untuk mengikuti mertuanya kembali ke Betlehem di Israel dan menyembah Tuhan Israel.

Di kampung halaman Naomi, Rut dinikahkan dengan Boas, seorang pria lajang yang kaya, baik hati dan takut akan Tuhan. Dan dari rut lahirlah Obed kakek dari Daud. Dan dari garis keturunan Daud inilah lahir Mesias (Tuhan Yesus secara manusia).

Rut adalah orang yang mengasihi mertuanya dan berharap kepada Tuhan. Maka kehidupan yang lebih baik pun dia dapati.

3. Debora
Debora merupakan saru-satunya hakim perempuan di Israel. Dia memimpin bangsa Israel dan juga bersama Barak untuk bertempur melawan bangsa Kanaan. Tidak hanya itu, Debora adalah seorang nabiah (nabi perempuan).

Debora adalah perempuan yang berani, bahkan lelaki seperti Barak pun bergantung kepadanya.
Hakim-hakim 4 : 8-9 Jawab Barak kepada Debora: “Jika engkau turut maju akupun maju, tetapi jika engkau tidak turut maju akupun tidak maju.”Kata Debora: “Baik, aku turut! Hanya, engkau tidak akan mendapat kehormatan dalam perjalanan yang engkau lakukan ini, sebab TUHAN akan menyerahkan Sisera ke dalam tangan seorang perempuan.” Lalu Debora bangun berdiri dan pergi bersama-sama dengan Barak ke Kedesh.

Debora memang seorang tokoh perempuan yang pemberani. DIa seorang hakim, dan nabiah yang pada keputusan Tuhan. Debora tidak bergantung kepada laki-laki dan tidak segan memimpin laki-laki jika itu melakukan apa yang Tuhan suruh.

4. Hana Ibu Samuel
Hana adalah seorang perempuan yang mandul dan tidak punya anak, Tetapi Hana tidak hentinya berdoa dan meminta anak kepada Tuhan.Jika Tuhan mengabulkan doanya, dia bernazar akan mempersembahkan anaknya itu kepada Tuhan.

Tuhan mendengar doa Hana. Lahirlah Samuel dari Rahim Hana. Seorang bayi laki-laki yang diserahkan kepada Tuhan seperti nazar ibunya. Samuel seorang nabi besar itu menjadi pelayan Tuhan di Bait Suci.

Tidak hanya Samuel, Hana melahirkan 5 anak lagi setelah Samuel (1 Samuel 2:21)
Tuhan tidak segan-segan memberi kepada anakNya yang meminta. Bahkan berkali lipat dari apa yang Hana minta. Dari Hana kita belajar sebuah penyerahan pergumulan. Dia tidak lari kemana pun. DIa hanya lari kepada Tuhan. Dan Tuhan menjad=wab seruan dan tangisan doanya.

5. Maria ibu Yesus
Siapa yang tidak tahu Maria ibu Yesus. Maria merupakan tokoh perempuan di alkitab yang paling dkenali umat Kristiani. Maria merupakan perempuan sederhana yang taat dengan perintah Tuhan.

Ketika malaikat Tuhan dapat kepadanya dan membawa pesan, dia taat tanpa memikirkan apa kata orang disekelilingnya. Maria adalah perempuan yang taat dengan rancanagan Tuhan dalam hidupnya. Meski sulit tetapi maria taat dan melahirkan bayi Yesus Sang Juru Selamat.

Comments

Related Articles

Back to top button