El-BethelRenunganRenungan HarianSpiritualitas

Do it Right


BeritaMujizat.com – Renungan – Berjalan bersama Tuhan selalu menakjubkan karena ada cerita baru yang selalu di luar dugaan. Suatu pagi saat saya sedang berolahraga, Tuhan mengajarkan saya sesuatu.

Saat itu saya sedang melakukan salah satu gerakan olahraga, di situ Tuhan ajarkan sesuatu. It’s not about how fast you do it, it’s about how you do it right (ini bukan tentang seberapa cepat kau melakukannya, tapi seberapa tepat kau melakukannya).

Saya tersentuh karena Tuhan bahkan hadir di waktu saya berolahraga. Saat pewahyuan itu datang, sembari berkeringat saya langsung duduk di depan laptop untuk mengetik perenungan ini. Secara jasmani, untuk menjadi bugar maka harus ada kebiasaan disiplin dalam hal makan, minum dan juga olahraga.

Namun perlu diingat bahwa, manusia roh kita juga butuh kebugaran, harus ada pertumbuhan. Jika kerohanian kita tidak mengalami kedewasaan, maka ada yang salah dengan kebiasaan kita, atau ada hal yang harus diperbaiki.

Mari lihat kebenaran firman Tuhan dalam Matius 4:4, dikatakan dengan jelas bahwa manusia hidup tidak hanya dari roti, tapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah. Kemudian dalam Yosua 1:8, dikatakan bahwa perlu merenungkan Taurat itu siang dan malam, agar kita berhati-hati dalam bertindak.

Setidaknya itu cara saya memparafrasekannya. Lewat dua ayat ini, mari kita sama-sama belajar untuk menilai diri masing-masing. Apakah selama ini, kita hanya sekadar membaca firman tanpa sungguh-sungguh memahaminya? Sebab tanpa memahami firman kita akan salah bertindak. Atau, salah memahami juga akan membuat kita bertindak tidak tepat.

Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri. Yakobus 1:22

PERENUNGAN
Sama halnya dengan olahrga secara jasmani, kalau tidak paham pergerakan yang tepat, dua kemungkinan bisa terjadi, yang pertama bisa cedera atau sama sekali tidak ada perubahan. Jadi bukan hanya sekadar bergerak, untuk ikut rame atau supaya mendapat validasi dari sekeliling.

Pertanyaannya adalah apakah kita melakukannya dengan benar? Karena kalau kita melakukan dengan benar, bukan hanya diri kita yang diuntungkan tapi juga sekeliling kita. Kalau kita hanya asal bergerak, kita rugi tetapi orang lain juga rugi.

Misalnya, kalau kita melakukan firman Tuhan dengan tepat, maka buah roh kita dapat dinikmati orang banyak, sebaliknya kalau kita tidak dewasa kita bisa saja menjadi batu sandungan (hidup tidak jadi berkat).

Begitu juga secara jasmani, kalau kita sehat secara fisik, kita tidak hanya bugar, tapi kita dapat melakukan banyak pekerjaan Tuhan, dan kalau kita sakit, sudah kita tidak bisa melakukan banyak hal, kita juga merepotkan orang-orang di sekitar kita. Mari bugar secara jasmani dan dewasa secara rohani. Jaga bait Allah ini dengan baik.

DOA
”Bapa dalam Surga, aku bersyukur untuk kebenaran-Mu hari ini. Aku bersyukur karena Kau mau memilih hidupku sebagai kediaman-Mu. Aku berdoa agar Kau berikan aku hikmat dan kemampuan untuk terus menjaga seluruh kehidupan yang Kau percayakan, jasmani dan rohani. Dalam Nama Yesus, Amin.”

Bagi saudara yang mempunyai kerinduan ber-partner dengan kami saudara bisa mengambil bagian di bawah ini :
1. Doa
http://bit.ly/partnerdoaehop
2. Volunteer
http://bit.ly/volunteerEHOP

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami melalui:
• Email: ehop.id@gmail.com
• WhatsApp: +62 858-6722-0117
• Facebook: https://www.facebook.com/ehopindonesia/
• Instagram: https://www.instagram.com/ehopid/

www.ehopindonesia.com

Comments

Related Articles

Back to top button