El-BethelRenunganRenungan Harian

Beban Rohani yang Perlu Dilatih


BeritaMujizat.com – Renungan – Saat pergi ke tempat gym, melihat orang mengangkat beban bukanlah hal yang mengherankan. Bukan tanpa alasan mereka melakukan aktifitas untuk mengangkat beban.

Aktifitas angkat beban memiliki beberapa manfaat bagi tubuh jika dilakukan dengan benar.

Saat merenungkan ini, saya jadi berpikir bahwa dalam hal kerohanian pun sama. Ada “beban” rohani yang perlu kita latih untuk diangkat agar kehidupan rohani kita bertumbuh semakin kuat.

Mungkin itu akan jadi hal yang tidak mengenakkan, tapi itu baik untuk mendewasakan kita. Seperti mengangkat beban, tidak ada orang yang melakukannya dengan santai ataupun sambil tertawa. Tapi kenapa mereka mau melakukannya? Karena ada tujuan.

Lalu, apa “beban rohani” yang bisa kita lakukan agar kita bisa tetap “sehat secara rohani”? Dalam Yohanes 4:34 mengingatkan kita bahwa makanan Yesus adalah melakukan kehendak Bapa-Nya dan menyelesaikannya.

Kata Yesus kepada mereka: “Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.” Yohanes 4:34

Bacaan: Yohanes 4:30-34

Harus diakui bahwa pekerjaan Tuhan menuntut setiap kita untuk pikul salib, menyangkal diri, dan itu tidak mudah. Ada banyak hal yang harus dipangkas dari hidup kita agar bisa selaras dengan kehendak Allah.

Terlebih lagi untuk saudara-saudara kita yang mungkin baru saja mengalami lahir baru, untuk melakukan kehendak Allah itu tidak mudah. Rasanya seperti menjadi sebuah beban.

Tapi kita perlu terus mendorong dan mendukung mereka untuk tidak quit dalam latihan mengangkat “beban rohani.” Di gymnasium, setiap pemula pun pasti akan mengalami kesulitan untuk mengangkat beban. Tapi bagi para pro, mereka sudah terbiasa bahkan menambah angka beban mereka.

PERENUNGAN
Apapun yang Tuhan percayakan hari ini, mari tekadkan hati untuk terus mengerjakan. Memang tidak mudah. Mengerjakan pekerjaan Tuhan adalah nutrisi bagi kerohanian kita. Jangan takut untuk mengambil dan mengangkat “beban rohani.” Kalau Tuhan yang mengetuk pintu hatimu, taat saja. Dia akan memberi kekuatan untuk mengerjakan bahkan menyelesaikannya.

DOA
“Aku bersyukur pada-Mu Bapa, kalau sampai saat ini Kau percayakanku untuk terlibat dalam pekerjaan-Mu yang mulia. Ampuni aku kalau aku mengeluh atau merasa terbebani dengan semua ini. Ajar aku dan mampukan aku lebih lagi untuk setia mengerjakannya dengan hati yang rela. Di dalam nama Yesus, Amin. “

Bagi saudara yang mempunyai kerinduan ber-partner dengan kami saudara bisa mengambil bagian di bawah ini :
1. Doa
http://bit.ly/partnerdoaehop
2. Volunteer
http://bit.ly/volunteerEHOP

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami melalui:
• Email: ehop.id@gmail.com
• WhatsApp: +62 858-6722-0117
• Facebook: https://www.facebook.com/ehopindonesia/
• Instagram: https://www.instagram.com/ehopid/

www.ehopindonesia.com

Comments

Related Articles

Back to top button