Internasional

Trump Luncurkan Aplikasi “Truth Social” untuk Kebebasan Berpendapat di Ruang Digital


Presiden Amerika Serikat ke 45 Donald Trump. (Sumber: ADC)

BeritaMujizat.com – Internasional – Presiden Amerika Serikat ke 45 Donald Trump, diketahui telah meluncurkan platform sosial media sendiri pada Minggu (20/2/2022) lalu. Platform tersebut diberi nama “Truth Social”.

Aplikasi “Truth Social” itu dapat diartikan sebagai “Kebenaran Sosial” dalam bahasa Indonesia.

Peluncuran tersebut dilakukan setelah Twitter, Facebook, dan YouTube menangguhkan akun Trump karena dituduh mengunggah pesan menghasut. Semua orang tentu mengingat bagaimana cuitan Donald Trump yang selalu kontroversial ketika masih aktif di Media Sosial.

Aplikasi tersebut dibuat agar dapat membantu lebih banyak orang di penjuru dunia untuk bebas berpendapat di ruang digital.

Diberitakan ADC, aplikasi Truth Social baru Presiden Trump menerima 170.000 unduhan pada hari pertama tersedia, menurut data dari perusahaan riset AppTopia, sebuah situs yang melacak ekosistem aplikasi. Bahkan berhasil memuncaki daftar aplikasi unduhan gratis di Apple App Store.

Setelah aplikasi Truth Social dirilis, tak sedikit pengguna yang mengeluhkan kesulitan saat mendaftar atau mengakses aplikasi, sehingga menimbulkan pembludakan pada ruang konsultasi di Truth Social akibat permintaan yang sangat besar.

“Karena permintaan yang sangat besar, kami telah menempatkan Anda di daftar tunggu kami,” ujar aplikasi Truth di laman resminya.

Melansir Kompas.com, aplikasi media sosial rakitan Trump itu mengusung antarmuka yang sangat mirip dengan Twitter. Namun, ada perbedaan untuk nama-nama fitur di dalamnya. Misalnya, Twitter menggunakan sebutan “tweet” untuk merujuk semua posting yang diunggah pengguna, sementara Truth Social menggunakan sebutan “Truth” (kebenaran).

Setelah diunggah, truth bakal ditampilkan di linimasa atau timeline yang disebut dengan “Truth Feed“.

Truth Social bisa memposting ulang posting pengguna lain yang disukainya, yakni dengan fitur Re-Truth. Fitur ini berfungsi sama persis seperti Re-Tweet di Twitter.

Seperti media sosial lainnya, pengguna Truth Social juga bisa menyukai (like) dan membagikan (share) setiap unggahan. Profil pengguna Truth Social juga sama persis seperti Twitter. Mulai dari header, jumlah follower (pengikut) dan following (orang yang diikuti), foto profil, tanda centang pink untuk pengguna terverifikasi, kolom Truths untuk setiap posting yang ditulis pengguna, kolom “Truths & Replies” untuk posting Truth dan Re-Truth.

Fitur lain yang masih dalam proses pengembangan adalah pesan langsung atau Direct Message.

Dalam membangun platform tersebut Trump dibantu oleh mantan Perwakilan Republik AS Devin Nunes, serta Trump Media & Technology Group (TMTG).

Saat ini Truth Social baru tersedia di iOS untuk pengguna AS. Sementara itu belum diketahui pasti kapan aplikasi media sosial ini bakal hadir di toko aplikasi Google Play Store. 

Situs web resmi Truth Social hanya menginformasikan bahwa aplikasinya “coming soon” alias segera hadir untuk ponsel Android. Devan Nunes telah memastikan aplikasi tersebut akan beroperasi penuh Maret nanti.

Comments

Related Articles

Back to top button